StartupGadget

Memotivasi Anak untuk Terus Aktif bersama Miiya, Smartwatch untuk Anak-Anak

Masih ingat dengan Tamagotchi? Perangkat ini dirancang untuk menjadi teman bagi anak-anak dalam wujud hewan peliharaan digital. Hewan peliharaan sendiri banyak dimanfaatkan sebagai teman beraktivitas fisik oleh kebanyakan orang.

Tamagotchi tentu saja tidak menjadikan anak-anak Anda lebih aktif. Hewan peliharaan juga tidak mungkin bisa terus menemani mereka, khususnya di sekolah. Lalu apa solusi agar anak-anak Anda dapat terus aktif di samping kegiatannya mengenyam pendidikan?

Miiya adalah smartwatch yang dirancang khusus untuk anak-anak. Tujuan utama Miiya sangatlah sederhana, yakni membuat anak-anak Anda terus aktif agar terhindar dari obesitas. Caranya adalah dengan memberikan sejumlah ‘misi’ yang akan mendorong mereka untuk terus bergerak.

 

Info menarik: Kini Berkolaborasi Bersama Oakley, Intel Umumkan Solusi Wearable Intel Curie

 

Pada awalnya, seorang anak yang menggunakan smartwatch ini akan melihat robot kecil bertubuh gendut bernama Miiya pada layar smartwatch. Semakin aktif sang anak, maka Miiya perlahan akan berubah wujud menjadi superhero. Waktu yang dibutuhkan sang anak sebenarnya tidak banyak, hanya 60 menit secara total, sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh WHO (World Health Organization).

Dalam beraktivitas fisik, tentunya sang anak akan terus bergerak dan berlari. Hal ini bisa jadi suatu ancaman bagi sebagian besar orang tua, yakni saat anaknya hilang dari pandangan mereka. Miiya telah dibekali dengan fitur pintar bernama Dynamic Safety yang akan memberikan peringatan viasmartphone pada orang tua saat anaknya berada terlalu jauh dari posisi awal.

Para orang tua hanya perlu menentukan ‘zona aman’ melalui aplikasi di smartphone, mereka kemudian akan mendapat notifikasi kala anak-anaknya keluar dari zona aman yang telah ditentukan. Fitur Dynamic Safety juga diklaim dapat beradaptasi dengan perubahan kondisi di berbagai lingkungan sehingga para orang tua tidak perlu khawatir kelupaan meng-update zona aman bagi anak-anaknya.

Contoh pengaplikasian fitur ini adalah saat sedang berbelanja di pasar swalayan atau sedang bermain di taman umum. Sekalinya anak Anda hilang dari pandangan, Anda dapat mengecek smartphone dan aplikasi Miiya akan memberitahukan di mana lokasi anak Anda saat itu. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai pencatat progress anak-anak Anda dalam beraktivitas.

Tidak hanya aktivitas fisik yang ingin diajarkan, Miiya juga ingin mengajak anak-anak Anda untuk terus berkomunikasi dengan orang tuanya. Miiya dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menandai lokasi tertentu, lalu mengirimkan data tersebut ke orang tua mereka.

Fitur ini berguna untuk mengingatkan anak-anak terkait aktivitas apa saja yang mereka lakukan saat mereka sedang tidak bersama orang tuanya. Jika saja sang anak tetap tidak ingat, orang tuanya dapat menanyakannya, berbekal informasi yang tersimpan di aplikasi Miiya.

 

Info menarik: Ramaikan Segmen Wearable Device, Lenovo Rilis Gelang Pintar ‘VIBE Band VB10’

 

Miiya tidak didesain sebagai alat untuk memata-matai anak-anak. Perangkat ini murni diciptakan sebagai motivator anak-anak dalam beraktivitas fisik. Berbagai komponen dengan ketahanan tingkat tinggi (tahan air dan tahan debu) digunakan dalam merancang Miiya karena, seperti yang kita ketahui, aktivitas anak-anak seringkali melibatkan air, lumpur dan pasir.

Miiya saat ini sedang dalam tahap penyelesaian. Tim pengembangnya telah memiliki prototipe yang berfungsi dan sedang mengumpulkan dana lewat platform crowdsourcingIndieGogo.

Sumber: Miiya via TechCrunch.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again