1. Lifestyle

Mengapa Versi PC Dark Souls II Sepadan dengan Penantiannya

Belum lama lalu, developer FromSoftware mendapatkan kritik pedas dari para gamer console menyangkut visual Dark Souls II. Mereka mengkomplain grafis Dark Souls II di platform last-gen memiliki kualitas yang lebih rendah dari yang developer pamerkan dalam Tokyo Game Show 2014. Padahal alasannya sangat sederhana: saat itu developer menggunakan versi PC.

Mengkomparasi grafis satu versi permainan dengan versi lain tampaknya menjadi kegemaran tersendiri bagi beberapa media game. Sebelumnya, Digital Foundry telah membandingkan visual Dark Souls II di PlayStation 3 dan Xbox 360. Kali ini giliran IGN yang mengadu versi PS3 dengan PC.

 

Info menarik: Ini Dia Detail Terbaru Tentang Super Smash Bros. Untuk Wii U dan 3DS

 

Sebelum berkomentar lebih jauh, silakan nikmati video berdurasi lima menitnya di bawah ini:

Jika Anda melihat kolom komentar di YouTube, tidak sedikit orang berpendapat bahwa visual kedua versi hampir sama. Tapi silakan ubah kualitas video ke 1080p dan aktifkan full-screen, Anda akan melihat perbedaannya. Yang pertama, tentu saja Dark Souls II PC memiliki tekstur yang lebih tajam - seperti yang FromSoftware pamerkan dalam trailer-trailer in-game mereka.

Perbedaan ini tampak jelas dengan melihat tekstur rajutan baju atau batu pada bangunan. Dalam versi PS3, permukaan tembok terlihat lebih datar. Penampilan pohon dan rumput dari kejauhan juga tampak 'pecah' karena ketiadaan fitur anti-aliasing. Dan tentu saja versi PC memiliki tingkat kedalaman tone gelap yang lebih detail, dengan teksur tanah serta bayangan yang tajam.

Tapi untuk sebuah home console berusia delapan tahun, performa Dark Souls II versi PlayStation 3 patut diacungi jempol. Penikmati Dark Souls sejati mencintai game ini bukan karena visual yang disajikannya, namun karena gameplay yang dimilikinya. Dark Souls II - seperti pendahulunya - mengangkat tema tentang kematian, dan faktanya Anda akan tewas berkali-kali di dalam permainan tersebut.

 

Info menarik: Luncurkan Unity for PlayStation Mobile, Sony Perluas Dukungannya ke Developer Game di Indonesia

 

Dengan Dark Souls II, FromSoftware menantang Anda untuk tidak menyerah serta berpikir jernih untuk mencari solusi terbaik. Lawan yang Anda hadapi mampu membungkam Anda dengan dua tiga kali serangan. Uniknya kematian dalam game bukanlah sebuah akhir, namun batu lompatan untuk berpikir kreatif. Lalu mengapa saya bilang versi PC Dark Souls II senilai dengan penantiannya?

Terkadang, aspek teknis game akan banyak mempengaruhi permainan. Contohnya saja sistem kontrol dan grafis. FromSoftware telah berjanji untuk menyajikan sistem navigasi keyboard dan mouse yang lebih baik dibandingkan port game pertamanya, tapi jika merasa kurang nyaman, tentu kita bisa menggunakan metode input lain seperti controller Xbox 360 atau gamepad Logitech.

Versi PC juga menawarkan tingkat frame-rate yang jauh lebih tinggi. Dengan hardware modern dan tanpa restriksi software game itu sendiri, komputer mampu menyajikan 60fps lebih. Di sana Dark Souls II berjalan sangat mulus tanpa penurunan fps drastis. Menikmati game ini jadi jauh lebih nyaman.

Bukan itu saja, komunitas mod akan turut mengambil andil dalam penambahan konten permainan. Mereka telah menyelamatkan Dark Souls: Prepare to Die Edition di PC yang memiliki banyak sekali masalah teknis. Dan para modder tentu saja akan kembali menangani Dark Souls II, lengkap dengan konten gratis.

Dark Souls II telah tersedia di PlayStation 3 dan Xbox 360 semenjak Maret lalu. Versi PC-nya baru akan dirilis tanggal 25 April nanti dan Anda bisa membelinya sekarang juga di Steam.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again