Microsoft Resmi Rilis Surface Pro 3, Intip Yuk Spesifikasinya

Prediksi kemunculan Surface Mini yang sempat menyeruak kala Microsoft mengirimkan undangan berbau "small" tampaknya 'meleset' dari sasaran. Karena pada kenyataannya saat event digelar, Microsoft justu memperkenalkan jagoan baru Surface Pro 3 yang tak lain merupakan penerus Suface Pro 2.

Peluncuran Surface Pro 3 tergolong di luar prediksi banyak pihak, terutama disebabkan generasi Surface Pro 2 masih tergolong berusia muda karena baru dirilis September tahun lalu. Ditengarai, generasi tersebut gagal memenuhi ekspektasi perusahaan yang kemudian mendorong Microsoft untuk merilis versi yang lebih baik.

Pertanyaannya, lebih baik seperti apa? Nah, agar sobat tak penasaran, yuk kita intip spesifikasi tablet terbaru Microsoft Surface Pro 3.

 

Info Menarik: Rumor Sebut Jam Tangan Pintar Moto 360 Siap Dijual Juli Mendatang Dengan Banderol $341

 

Microsoft mengklaim bahwa tablet Surface Pro 3 dirancang untuk menggantikan peran laptop, misi yang tak mudah karena dibutuhkan perangkat yang tidak hanya handal tapi juga harus memadai untuk digunakan layaknya laptop.

Bagian prosesor adalah komponen yang paling penting untuk dibahas, di mana Surface Pro 3 berbekal prosesor Intel Core generasi keempat yang nantinya ditawarkan dalam tiga pilihan mulai Core i3, Core i5 dan Core i7. Sementara untuk memori internal tersedia empat pilihan 64GB, 128GB, 256GB dan 512GB dengan pilihan RAM mulai 4GB hingga 8GB.

Layaknya perangkat laptop, Surface Pro 3 mendapatkan tambahan sejumlah slot yang mendukung USB 3.0, Mini Display dan juga MicroSD untuk berbagai keperluan transfer data ke perangkat eksternal.

Layar Lebih Lebar, Resolusi Lebih Baik

Bagian layar mendapatkan peningkatan di mana kini berukuran 12 inci atau 38% lebih besar ketimbang Surface Pro 2, panel layar dilengkapi fitur ClearType Full HD beresolusi 2160 x 1440 piksel atau 50% lebih baik ketimbang sang kakak.

 

Info Menarik: Tokobagus Berganti Nama Menjadi OLX Indonesia

 

Untuk sistem operasi rasanya mudah untuk ditebak, apalagi kalau bukan Windows 8.1 Pro yang merupakan OS versi terbaru Microsoft. Yang membuat perangkat ini menarik, alih-alih menggunakan resolusi yang berbeda untuk kamera belakang dan depan, Microsoft justru menggunakan resolusi 5MP untuk kedua kamera.

Satu lagi komponen yang membuat Surface Pro 3 lebih baik ketimbang Surface Pro 2 adalah daya tahan baterai yang 10% lebih baik sehingga mampu bertahan hingga 9 jam lebih.

Bekal Kickstand Baru dan Surface Pen

Salah satu ciri khas generasi Surface Pro adalah adanya dukungan kickstand, dan di Surface Pro 3 ini Microsoft melakukan rombakan pada komponen tersebut sehingga dapat diposisikan dalam sudut yang lebih beragam mulai 0 hingga 150 derajat.

Pembeli nantinya juga mendapatkan aksesoris tambahan berupa Surface Pen yang menawarkan kemudahan untuk menandai dokumen, membuat catatan dan membuat tanda tangan guna berbagai keperluan.

Bagaimana menurut sobat, cukup keren atau biasa saja? Jika sobat jatuh hati dengan tablet ini, siapkan minimal $799 atau lebih karena harga jual di pasar lokal diperkirakan lebih mahal.