21 September 2015

by Glenn Kaonang

Miragii Smart Necklace Bisa Proyeksikan Notifikasi ke Tangan Anda

Definisi paling sederhana dari perangkat wearable adalah sebuah produk fashion yang dijejali komponen elektronik beserta fitur-fitur pintar. Produk fashion ini tentu saja bisa bermacam-macam, mulai dari baju sampai aksesori seperti arloji, gelang, cincin maupun kalung.

Perangkat kalung pintar sendiri belum banyak jumlahnya. Namun yang satu ini sudah siap untuk diproduksi. Sempat unjuk gigi di ajang CES 2015 bulan Januari kemarin, Miragii Smart Necklace sekarang tengah menjalani kampanye penggalangan dana di Kickstarter.

Info menarik: Oura Ring, Cincin Menawan yang Bisa Memonitor Kualitas Tidur dan Aktivitas Fisik

Miragii memiliki sejumlah fitur yang tak dimiliki perangkat wearable lain. Salah satunya adalah proyektor berukuran mini untuk menampilkan notifikasi pesan teks maupun panggilan telepon langsung ke telapak tangan pengguna. Teknologi ini bukan sekedar konsep, dan telah terbukti bisa bekerja sesuai visi tim pengembangnya.

Sebagai sebuah kalung, Miragii sendiri harus tampil secantik mungkin agar bisa memikat para konsumen, khususnya kaum hawa. Bandulnya yang mengemas segala komponen elektronik dibuat dari keramik zirconia yang tahan banting serta ringan – bobot Miragii hanya sekitar 50 gram saja. Guna meningkatkan aura mewah, Miragii juga tersedia dalam varian emas 18 karat maupun perak sebagai material bandulnya.

Tim pengembang Miragii mengaku tidak mau main-main dalam proses pembuatan kalung pintarnya. Setiap bongkahan keramik zirconia yang digunakan harus menjalani sekitar 8 langkah dan dipoles lebih dari 120.000 kali, yang memakan waktu sekitar 20 hari. Prosedur semacam ini mungkin terdengar berlebihan untuk sebuah perangkat elektronik, tapi krusial buat Miragii yang bisa digolongkan sebagai sebuah perhiasan.

Info menarik: Benar-Benar Wearable, Inilah Kaos Berkemampuan Fitness Tracking dari Ralph Lauren

Di bagian belakangnya, terdapat sebuah headset Bluetooth yang bisa dilepas dan digunakan untuk merespon panggilan telepon atau mendengarkan musik. Hubungan antara headset dan bandul kalung ini unik, karena selain menjadi case untuk headset, bandul kalung tersebut juga berfungsi untuk mengisi ulang baterai milik headset.

Meski kelihatannya memiliki fungsi yang sangat sederhana, yakni menampilkan notifikasi, Miragii bisa menjadi alternatif bagi konsumen yang lebih nyaman mengenakan kalung ketimbang arloji, gelang atau cincin. Buat yang tertarik, Miragii Smart Necklace sudah bisa dipesan lewat Kickstarter seharga $299 untuk varian standar yang dilengkapi proyektor.