1. Startup

Monetisasi Twitter Sukses?

Sejak kemunculan pertama kali, sponsored trending topic menjadi salah satu produk dari Twitter yang menarik untuk diikuti, bukan hanya karena ini bisa menggambarkan model monetisasi dari layanan microblogging ini, tetapi juga untuk melihat siapa saja yang, berani membayar untuk masuk ke trending topic di Twitter.

Dan kini, brand selanjutnya yang menggunakan promoted trends di Twitter sebagai sarana berpromosi adalah NBA dengan topik LeBron James dan seputar NBA free agency updates.

Menurut Mashable, NBA menjadi brand besar ketiga setelah Disney-Pixar dengan Toy Story 3 dan Coca-Cola yang memanfaatkan medium Twitter dalam meraih perhatian konsumen.

Apakah ini mengindikasikan bahwa Twitter telah menemukan model pemasukan yang akan menjadi sumber monetisasi yang mapan?

Melihat dari nama-nama brand yang telah berani membayar untuk 'nampang' di trending topic bisa jadi ini merupakan titik cerah bagi Twitter untuk menemukan model bisnis. Meskipun langkah ini masih langkah awal dan belum cukup teruji, tetapi iklan telah menjadi salah satu pilihan Twitter untuk mendapatkan uang, dan persiapannya pun cukup lama, salah satunya karena Twitter pun pernah berjanji bahwa tipe iklan yang akan muncul di Twitter tidak akan mengganggu pengguna mereka.

So far, ikon promoted dengan background kuning di bagian bawah trending topic cukup relevan dan tidak mengganggu, selain ikon promoted yang cukup jelas dalam memberikan keterangan bahwa itu merupakan trending topics berbayar, topik dan cara penyampaian dari tweet iklan ini juga cukup halus.

Seperti halnya dengan NBA yang melakukan promosi dengan topik LeBron James alih-alih menggunakan topik NBA itu sendiri, yang membuat topik tweet iklan ini menjadi lebih halus dan menarik, karena aktual dengan berita yang sedang beredar di kalangan umum terutama pecinta olahraga basket.

Analisa singkat yang cukup menarik juga dituliskan TechCrunch, bahwa penggunaan topik LeBron James akan lebih menarik dari topik seperti 'NBA Free Agency' karena lebih merujuk pada sisi personal. Dan promosi yang dilakukan NBA ini juga bukan semata-mata hanya untuk LeBron James saja tetapi, jika anda mengklik promoted trend dari NBA ini maka akan diarahkan pada link situs NBA serta berita seputar transfer pemain di liga mereka.

Kita lihat brand apa lagi yang akan mengiklan di Twitter setelah ini. Sambil menunggu, bagaimana menurut anda, kira-kira brand apa lagi yang akan menggunakan sponsored trending topicsebagai medium promosi mereka?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again