1. DScovery

Mozilla Firefox: Pengertian, Fungsi, Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan

Kamu tahu apa itu Mozilla Firefox? Kalau belum simak artikel berikut ini, ya!

Kemajuan teknologi di dunia sangat memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia. Salah satunya mencari informasi di internet. Sekarang ini, kamu sudah tidak perlu repot-repot untuk mengetahui hal yang kamu inginkan. Segalanya, bisa kamu ketahui dalam sebatas genggaman tangan saja melalui ponselmu.

Didukung oleh itu, semakin banyak juga browser yang bisa kamu pilih untuk berselancar mencari informasi di internet. selain mozila, ada juga browser chrome dari google, opera browser dan microsoft edge yang Setiap browser memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, salah satunya Mozilla Firefox.

Pengertian Mozila Firefox

Mozilla Firefox merupakan salah satu browser yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Sebelumnya, Mozilla Firefox hanya bisa digunakan pada perangkat komputer dan laptop saja. Mozilla Firefox bisa digunakan oleh berbagai sistem operasi, seperti Microsoft Windows, macOS, Linux, FreeBSD, serta OpenBSD. Bahkan, Mozilla Firefox sudah tersedia untuk perangkat ponsel Android dan iPhone.

Mozila Firefox dirilis pada 23 September 2022. Sebelumnya, Mozilla Firefox bernama Phoenix.  Fitur yang disediakan pun beragam, sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Fungsi Mozilla Firefox

Sama seperti browser pada umumnya, Mozilla Firefox berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan search engine atau mesin pencari seperti Google. Melalui browser Mozilla Firefox ini, kamu bisa mengakses informasi dengan mudah dan cepat. Nah, perlu kamu ketahui Mozilla Firefox rutin melakukan pembaharuan secara berkala, tentu saja akan hal ini akan memberikan fitur baru yang bisa kamu manfaatkan sesuai kebutuhanmu.

Fitur Mozilla Firefox

Mozilla Firefox memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya dengan fitur menarik yang dimilikinya. Berikut fitur menarik dan unggulan Mozilla Firefox.

1. Mendukung Fitur Ekstensi

Ekstensi merupakan tools tambahan yang bisa kamu gunakan pada browser Mozilla Firefox. Nantinya, tools ini akan memudahkanmu untuk berselancar di dunia internet, Banyak fitur ekstensi yang bisa kamu pilih, misalnya ekstensi uBlock Origin, melalui ekstensi ini kamu bisa berselancar di internet tanpa terganggu oleh pop up iklan.

2. Private Browsing

Fitur selanjutnya yaitu private browsing, dimana kamu bisa leluasa mengakses situs tanpa khawatir, karena privasimu akan dijaga oleh Mozilla Firefox. Mozilla Firefox akan secara otomatis menghapus informasi penggunanya, seperti kata sandi, cookie, dan riwayat browsing saat browser Mozilla Firefox selesai digunakan.

3. Tema

Pasti kamu pernah merasa jenuh dan bosan saat melihat hal yang sama secara terus menerus. Jangan khawatir, Mozilla Firefox menyediakan ribuan tema yang bisa kamu pilih untuk memanjakan matamu saat berselancar di internet. Tentu saja fitur ini memberikan kenyamanan bagi penggunanya agar tidak bosan.

Kelebihan Mozilla Firefox

Mozilla Firefox menawarkan banyak fitur dan kelebihan untuk mendukung kenyamanan penggunanya saat berselancar di dunia maya. Berikut kelebihan Mozilla Firefox.

1. Tampilannya Sederhana

Mozilla Firefox memiliki tampilan sederhana namun modern yang mudah dimengerti bagi pengguna baru. Tampilannya yang sederhana ini juga membuat penggunanya tidak kesulitan saat memakai browser Mozilla Firefox.

2. Memungkinkan Pengguna Install Ekstensi

Selanjutnya, Mozilla Firefox mendukung penggunanya untuk menginstall berbagai ekstensi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan fitur ini, pengguna menjadi lebih mudah dan merasa nyaman saat berselancar di internet menggunakan browser Mozilla Firefox.

3. Sistem Keamanan Tinggi

Tentu saja, pengguna Firefox tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Mengingat, Mozilla Firefox sudah terdepan dalam keamanan browser web, Firefox juga menawarkan berbagai fitur untuk membantu melindungi perangkatmu dari skema phishing dan serangan umum lainnya. Bahkan, Mozilla Firefox mampu melakukan pemblokiran iklan yang kuat.

Kekurangan Mozilla Firefox

Selain memberikan banyak keunggulan, kamu juga harus mengetahui kekurangan Mozilla Firefox. Berikut kekurangan Mozilla Firefox.

More Coverage:

1. Menghabiskan Banyak Memori

Salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna Mozilla Firefox yaitu penggunaan memori. Mozilla Firefox memerlukan kapasitas yang besar. Belum lagi kalau kamu membuka banyak tab secara bersamaan. Akibatnya, Mozilla Firefox akan force close saat digunakan.

2. Cenderung Lambat Saat Digunakan

Nah, pastikan kamu tidak menginstall terlalu banyak ekstensi pada Mozilla Firefox. Pasalnya, semakin banyak ekstensi yang kamu gunakan akan berpengaruh pada kenyamananmu saat menggunakan internet. Mozilla Firefox akan sangat lambat memuat halaman apabila terlalu banyak add on yang kamu gunakan.

Berikut artikel mengenai Mozilla Firefox. Kemudahan yang ditawarkan sangat membuat penggunanya semakin nyaman, terlebih fitur ekstensi dan ribuan tema yang bisa kamu pilih. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again