1. DScovery

Apa itu Microsoft Edge: Pengertian, Fungsi, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Browser merupakan penghubung antara pengguna internet dengan mesin pencari untuk berselancar di dunia maya. Saat ini, sudah banyak browser yang tersedia dan bisa digunakan untukmu mencari informasi di internet. Salah satunya web browser, Microsoft Edge.

Kalau biasanya kamu menggunakan Chrome dan Mozilla Firefox sebagai browser andalanmu, tidak ada salahnya lho kamu mencoba Microsoft Edge sebagai browser baru andalanmu. Microsoft Edge hadir untuk menggantikan Internet Explorer pada perangkat laptop dan komputer yang terbilang gagal memberikan kenyamaman bagi penggunanya. Berikut artikel lebih lengkap mengenai Microsoft Edge.

Pengertian Microsoft Edge

Microsoft Edge merupakan browser yang dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft Edge dikembangkan dengan basis Chrominium yang memungkinkan ekstensi Google Chrome support pada Microsoft Edge. Microsoft Edge ini telah dirilis pada Januari 2020, dan berfungsi untuk menggantikan browser Internet Explorer sebagai peramban baku.

Selain tersedia untuk perangkat komputer, Microsoft Edge ini sudah tersedia pada platform Android dan iOS. Nantinya, Microsoft Edge akan dijadikan sebagai peramban baku untuk Windows 10 Phone dalam versi yang lebih baik dari sebelumnya.

Fitur Microsoft Edge

Pada pelaksanaannya, Microsoft Edge memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan penggunanya saat berselancar di internet. Berikut fitur unggulan Microsoft Edge.

1. Terintegrasi Cortana

Cortana merupakan asisten pribadi besutan Microsoft untuk memudahkan pengguna Windows 10. Cortana yang terintegrasi dengan Microsoft Edge ini akan membantu penggunanya dalam mencari sesuatu tanpa perlu mengetikkan kata kuncinya, cukup dengan berbicara saja. Selain itu, Cortana telah terhubung dengan mesin pencari Bing yang akan memudahkan pengguna saat mencari informasi di internet.

2. Mengganti Tampilan dan Tema

Fitur unggulan selanjutnya dari Microsoft Edge yaitu, pengguna bisa mengganti tampilan halaman depan. Microsoft Edge menyediakan dua tampilan yang bisa kamu pilih, yaitu Dark dan Light. Bahkan, kamu juga bisa mengubah beberapa bagian sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Koleksi dan Catatan

Menggunakan Microsoft Edge, pengguna bisa menambahkan koleksi pada halaman web. Kamu bisa menggunakannya dengan cara klik tombol Collections yang tersedia pada bagian atas, lalu pilih halaman yang diinginkan. Kamu juga bisa menambahkan catatan, membagikan halaman pada Microsoft 365, dan masih banyak lagi.

4. Mode Baca

Microsoft Edge menyediakan fitur mode baca bagi, fitur ini sangat membantu penggunanya saat membaca artikel di internet. Kamu bisa menggunakannya dengan cara klik tombol F9. Menariknya, Microsoft Edge juga memiliki fitur membaca dalam mode audio. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu membaca artikel cukup mendengarnya saja.

Kelebihan Microsoft Edge

Microsoft Edge memiliki banyak kelebihan yang bisa membuatmu menjadi lebih mudah berselancar di dunia internet. Berikut kelebihan Microsoft Edge.

1. Lebih Ringan

Keunggulan browser Microsoft Edge ini yaitu lebih ringan dibanding browser lainnya. Berbasis Chrominium, menjadikan Microsoft Edge sebagai browser yang menggunakan memori lebih sedikit dan baterai lebih hemat.

2. Terintegrasi dengan Produk Microsoft

Microsoft Edge tentu sudah terintegrasi dengan berbagai produk Microsoft, seperti Microsoft 365, Cortana, ekstensi dan pihak ketiga. Jadi, kamu bisa terhubung dengan berbagai produk Microsoft lainnya.

3. Tampilan Lebih Menarik

Microsoft Edge memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan tema sesuai keinginan. Tentu saja kamu bisa mengganti tema Microsoft Edge ini dengan tema kesukaanmu.

4. Memiliki Fitur Tambahan

Microsoft Edge memiliki berbagai fitur tambahan seperti, Mode Baca, Catatan, Cortana, dan lainnya. Fitur ini membuat pengguna menjadi semakin nyaman saat berselancar di dunia internet.

Kekurangan Microsoft Edge

More Coverage:

Microsoft Edge memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui. Berikut kekurangan Microsoft Edge.

1. Tidak Mendukung Semua Versi Windows

Microsoft Edge hanya tersedia untuk Windows dengan Versi 10 ke atas. Namun, kalau kamu menggunakan Windows versi 7 dan 8 kamu bisa menggunakan Microsoft Edge, hanya saja fungsinya tidak semaksimal Windows 10.

2. Belum Semaksimal Google Chrome

Nah, pertimbangan selanjutnya, Microsoft Edge tidak terhubung dengan produk Google. Jika kamu ingin mengakses Google Meet, Google Docs, Google Drive, Chrome merupakan browser pilihan yang bisa diandalkan.

Berikut artikel mengenai Microsoft Edge, kamu bisa memanfaatkan fitur yang tersedia untuk memudahkanmu saat berselancar di dunia internet. Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again