6 September 2017

by Yoga Wisesa

MSI Resmi Luncurkan GT75VR Titan, Laptop Gaming Monster Dengan Keyboard Mekanik 'Slim'

Rapid Mechanical Keyboard di GT75VR Titan didesain agar memiliki jarak tempuh yang lebih pendek dari switch mekanik standar.

Sejak saat MSI membenamkan keyboard mekanik ke laptop gaming, ranah ini tak lagi sama. Tak lama, para rival segera merespons langkah MSI dengan meluncurkan produk-produk yang tak kalah unik - laptop bersenjata layar curved atau liquid cooling misalnya. Kompetisi jadi tambah seru setelah produsen-produsen hardware mencoba menawarkan 'solusi lebih baik' dari milik kompetitornya.

Perusahaan hardware spesialis gaming asal Taiwan itu tidak segan menyampaikan bahwa hal tersebut menjadi salah satu alasan mereka menggarap GT75VR Titan. Laptop ini adalah jawaban MSI terhadap kurang nyamannya keyboard mekanik versi slim yang digunakan kompetitor di produk flagship-nya. Tiga bulan sesudah penyingkapan perdananya, GT75VR Titan akhirnya resmi meluncur.

Faktor yang membuat GT75VR Titan istimewa adalah pemanfaatkan keyboard mekanik 'Rapid'. Berbeda dari papan ketik di kelas GT8x, GT75VR Titan tidak menggunakan switch dari Cherry. Keyboard tersebut merupakan hasil kolaborasi antara MSI dengan SteelSeries. Perusahaan gaming gear ini berperan menyediakan switch serta sistem pencahayaan RGB Per Key.

Rapid Mechanical Keyboard didesain agar memiliki jarak tempuh yang lebih pendek dari switch mekanik standar. Key travel-nya hanya 3-milimeter, lalu titik actuation berada di 1,5mm. Rancangan low-profile tersebut memungkinkan MSI untuk membuat tubuh GT75VR Titan lebih ramping dibanding laptop GT lain. Kustomisasi dapat dilakukan via app Dragon Center. Di sana, Anda bisa memprogram masing-masing tombol serta mengutak-atik pencahayaan RGB.

Dalam sesi uji coba di Computex 2017, saya akui keyboard ini lebih kokoh dari papan ketik slim di notebook kompetitor. Gamer hardcore mungkin lebih merasa nyaman atau familier dengan switch standar, namun menurut saya tipe Rapid lebih siap mendukung kegiatan selain gaming, buat mengetik misalnya - apalagi keyboard menyuguhkan sensasi clicky.

Layar seluas 17,3-inci di GT75VR Titan tidak kalah spesial. MSI menyuguhkan pilihan 4K dengan AdobeRGB 100 persen sehingga laptop ini bisa jadi rekan kerja para desainer dan fotografer, atau panel full-HD yang didukung refresh rate 120Hz serta waktu respons 3-milidetik untuk para gamer. Laptop ini mempunyai dimensi 428x314x31-58mm; cukup besar, tapi tidak se-bulky GT8x.

Ada tiga versi GT75VR Titan yang dapat Anda miliki: varian dengan GTX 1070, tipe Pro bersenjata GTX 1080, serta model dual GPU GTX 1070. Semuanya turut dibekali CPU Intel Core i7 generasi ke-7, RAM DDR4 4-slot maksimal 64GB, serta unit penyimpanan Super Raid 4.

Buat sekarang, MSI masih belum mengungkap harga dari GT75VR Titan. Kabarnya, laptop ini akan tersedia di Indonesia berbarengan dengan pelepasan GE Raider.

Sumber: MSI.