Categories

Gadget

Nexus 5X dan Nexus 6P Bisa Saling Mengisi Baterai

Oki Rosgani - 20 October 2015

Nexus 5X dan Nexus 6P telah resmi diperkenalkan oleh Google. Duo penerus seri Nexus ini mencuri perhatian publik karena hadirnya beberapa kelebihan yang dibawanya serta adanya pembaruan yang lebih menarik dibanding dari seri Nexus versi sebelumnya. 

Kendati kedua smartphone tersebut dibuat oleh pabrikan berbeda, Nexus 5X dibuat oleh LG dan Nexus 6P dibuat oleh pabrikan Huawei kedua perangkat tersebut memiliki sejumlah fitur yang sama. Beberapa kesamaan yang dimiliki oleh kedua smartphone itu diantaranya adalah bahwa ia sama-sama memiliki fitur pembaca sidik jari (fingerprint scanner) dan berjalan dengan platformAndroid 6.0 Marshmallow.

Selain itu, ada informasi teranyar yang menunjukan bahwa keduanya juga bisa digunakan sebagai 'powerbank' alias mampu mengisi ulang baterai untuk perangkat smartphone lainnya. Hadirnya informasi ini telah menambah fakta yang sebelumnya pernah diungkap pada artikel kami terdahulu.

Info Menarik: Google Play Kembali Dirombak, Bawa Desain Baru yang Lebih Manis dan Mudah Dinavigasikan

Saat ini ada beberapa smartphone yang memang memiliki kemampuan serupa, namun apa yang ditawarkan oleh duo smartphone Nexus teranyar itu hadir karena keduanya telah mengusung kabel USB Type-C, sehingga ketika kedua smartphone tersebut disambungkan dengan kabel tersebut maka keduanya bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai satu sama lain, baik Nexus 5X ke Nexus 6P ataupun sebaliknya.

https://youtu.be/qcEYf570O6s

Opsi layar saat smartphone Nexus teranyar dipasangi kabel USB Type-C ke smartphone lain yang mendukung | Foto: AndroidPolice

Dari percobaan yang dilakukan oleh Liliputing di video tersebut, terlihat bahwa ketika kedua smartphone itu dihubungkan dengan kabel USB Type C tadi, maka notifikasi di layar akan menampilkan opsi pilihan charging atau power supply, jika memilih opsi pertama maka baterai pada perangkat tersebut akan diisi ulang, sedangkan pilihan kedua akan memposisikan smartphone tersebut sebagai powerbank atau menjadi sumber catu daya yang akan mengisi baterai untuk perangkat lain.

Ini merupakan opsi menarik yang ditawarkan oleh platform Android 6.0 Marshmallow yang sebelumnya belum pernah diulas oleh para pengembang. Walaupun ini bukan merupakan fitur baru, karena dipasaran telah ada sejumlah smartphone dengan kemampuan serupa, namun apa yang ditawarkan Google dengan menambahkan fitur ini sebagai opsi standar menjadikan smarthone Nexus 5X dan Nexus 6P menjadi lebih menarik.

Sumber: Liliputing | Gambar Header Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter