1. DScovery

Organisasi: Pengertian, Tujuan, Unsur-unsur, dan Karakteristiknya

Organisasi selalu ada di lingkungan masyarakat namun apakah semua itu adalah sebuah organisasi? Lalu seperti apa organisasi itu?

Dalam hal bersosialisasi, kita pasti sangat lekat dengan konsep organisasi. Istilah tersebut biasanya menggambarkan wadah atau sarana untuk mencapai berbagai tujuan bagi banyak orang di bidangnya masing-masing. 

Organisasi kerap dijumpai baik sekolah seperti OSIS, BEM di kampus, hingga organisasi tingkat desa seperti Karang Taruna, hingga organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di antara bangsa-bangsa di dunia, organisasi ada di sekitar kita.

Lalu apa sih itu organisasi? Mari kita simak ulasan pada artikel di bawah ini!

Pengertian Organisasi

Organisasi adalah wadah sekelompok orang yang bekerja sama secara rasional dan sistematis, dikelola atau dikendalikan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menggunakan sumber daya yang ada dalam kelompok tersebut.

Di dunia bisnis, di sisi lain, organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan komersial dengan struktur yang terdefinisi dengan baik dan budaya kerja yang terdefinisi dengan baik.

Berikut adalah beberapa pengertian organisasi menurut para ahli:

  1. C.H. Northcott

Organisasi adalah pengaturan di mana tugas-tugas diberikan kepada anggota sehingga mereka dapat secara efektif berkontribusi pada tujuan yang lebih jelas.

Tujuan suatu organisasi adalah untuk mengkoordinasikan kegiatan berbagai anggota individu atau kelompok yang bekerja di dalam organisasi untuk mencapai tujuan perusahaan.

  1. Louis Allen

Organisasi adalah proses mengidentifikasi dan mengkategorikan pekerjaan yang harus dilakukan, mengasumsikan tanggung jawab dan otoritas, dan membangun hubungan yang memungkinkan anggota organisasi bekerja sama secara efektif untuk mencapai tujuan mereka. Organisasi adalah alat untuk mencapai tujuan tertentu.

  1. Koontz and O’Donnell

Organisasi adalah tentang membangun hubungan otoritas, menentukan koordinasi di antara anggota baik secara vertikal maupun horizontal dalam struktur perusahaan. Organisasi merupakan titik koordinasi antar pelaku bisnis.

  1. Spriegel

Organisasi mengacu pada hubungan antara berbagai elemen yang ada di perusahaan tertentu. Dari perspektif seluruh perusahaan, organisasi adalah hubungan struktural antara berbagai elemen di dalam perusahaan.

  1. Wheeler

Organisasi adalah tugas struktural atau tanggung jawab yang dilakukan oleh setiap anggota organisasi. Organisasi adalah proses mendefinisikan peran dan tanggung jawab orang-orang dalam suatu kelompok atau perusahaan sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai.

Tujuan Organisasi

Dalam buku Teori Organisasi: Struktur dan Desain, Dicky Wisnu U.R. menulis bahwa ada beberapa alasan mengapa mendesain struktur dan budaya organisasi menjadi tugas penting. Desain organisasi memainkan peran penting dalam banyak aspek. Singkatnya, ada beberapa tujuan dalam organisasi:

Mendapatkan Manfaat Kompetitif

Organisasi secara konsisten menemukan desain organisasi sebagai sumber keunggulan kompetitif jangka panjang. Keunggulan kompetisi berasal dari kemampuan dan kekuatan untuk terlibat dalam kegiatan pembuatan seperti produksi barang dan pekerjaan.

Melihat Potensi

Saat organisasi menetapkan tujuan dan membuat rencana, mereka harus mengembangkan lingkungan dan teknologi baru yang menawarkan peluang atau kemungkinan. Misalnya, kita membutuhkan jawaban dan ide-ide baru dari anggota organisasi lainnya. Struktur dan budaya organisasi harus sensitif dan reseptif terhadap peluang dan kemungkinan ini.

Mengatur Perbedaan

Perbedaan ras, jenis kelamin, dan etnis di antara anggota organisasi memiliki implikasi penting bagi nilai budaya organisasi dan efektivitas organisasi. Perbedaan pandangan harus dijelaskan dengan bentuk analisis yang terjadi.

Sebagai contoh, sebuah organisasi yang bergerak di bidang jasa memiliki permintaan pekerjaan yang besar untuk sejumlah kecil pekerja yang harus mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan. Organisasi harus dapat memanfaatkan bakat yang beragam dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang mendorong kolaborasi.

Meningkatkan Efisiensi

Organisasi ada untuk menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Semakin baik organisasi bekerja, semakin tinggi reputasi barang dan jasa yang ditawarkannya. Organisasi perlu menghasilkan efisiensi kerja yang berkualitas untuk bersaing dengan berbagai negara.

Meningkatkan Inovasi

Kemampuan banyak perusahaan di era kompetitif saat ini merupakan ciri dari perbaikan terus menerus baik dalam inovasi maupun kecepatan produksi. Misalnya, struktur organisasi menggabungkan orang-orang dengan spesialisasi berbeda yang dapat mendorong inovasi.

Unsur-unsur Organisasi

Man (orang-orang)

Dalam kehidupan suatu organisasi atau lembaga orang-orang yang dimaksud adalah pegawai atau staf. Semua karyawan atau staf adalah anggota atau warga suatu organisasi dan, tergantung pada fungsi dan levelnya. Ada manajer (administrator) sebagai unsur pimpinan puncak organisasi, manajer memimpin unit kerja sesuai dengan fungsinya masing-masing, dan karyawan anggota. Bersama-sama, mereka membentuk tenaga manusia (manpower) dari suatu organisasi.

Kerja sama

Merupakan tindakan saling bantu membantu dalam mencapai tujuan bersama yang hendak dicapai. Hal ini merupakan kekuatan manusiawi (man power).

Tujuan Bersama

Tujuan menggambarkan apa yang ingin dicapai atau diharapkan. Tujuan adalah titik akhir dari sesuatu yang harus dilakukan. Tujuan juga menggambarkan apa yang perlu dicapai melalui prosedur, program, pola, kebijakan, strategi, anggaran, dan peraturan yang ditetapkan.

Karakteristik Organisasi

Koordinasi

Koordinasi berbagai kegiatan penting dalam suatu organisasi. Koordinasi membantu mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan. Penyesuaian ini juga menghindari penundaan pekerjaan. Fungsi yang berbeda dalam suatu organisasi saling bergantung dan mempengaruhi satu sama lain.

Divisi Pekerjaan

Organisasi akan mengambil alih seluruh tugas. Berbagai aktivitas ditugaskan ke anggota yang berbeda untuk mencapai tujuan secara efisien. Namun, ini tidak berarti bahwa para anggota tidak dapat melakukan banyak fungsi, dan mereka perlu berspesialisasi dalam tugas yang berbeda agar lebih efektif. Organisasi membantu membagi pekerjaan menjadi kegiatan yang ditugaskan kepada orang yang berbeda.

Tujuan yang sama

Semua struktur organisasi adalah sarana untuk mencapai tujuan perusahaan yang sama. Struktur organisasi harus dibangun di sekitar tujuan yang jelas. Ini akan membantu mencapai organisasi yang baik.

Hubungan Kooperatif

Organisasi yang terstruktur dengan baik memupuk kolaborasi di antara berbagai anggota organisasi. Sebuah organisasi tidak dapat memulai sendiri. Setidaknya diperlukan dua orang atau lebih di dalamnya. Organisasi yang baik membantu membangun hubungan yang bermakna.

Hubungan Otoritas Tanggung Jawab yang Ditetapkan dengan Baik

Suatu organisasi terdiri dari berbagai posisi yang diatur secara hierarkis dengan wewenang dan tanggung jawab yang ditentukan. Tentu saja, organisasi besar selalu memiliki otoritas pusat. Tingkatan jabatan pekerjaan dalam suatu organisasi menentukan jaringan komunikasi dan pola hubungan.

Nah, itulah penjelasan mengenai organisasi dari pengertian, tujuan, unsur-unsurnya, dan karakteristik organisasi. Jadi apakah kamu siap untuk bergabung di sebuah organisasi di lingkunganmu?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again