1. DScovery

Organisasi Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, dan Prinsipnya

Organisasi membutuhkan kerjasama seluruh anggota dalam upaya mencapai tujuan bersama. Dalam prosesnya suatu organisasi memiliki berbagai prinsip yang mempengaruhi cara kerjanya. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Organisasi merupakan bagian sudah menjadi satu dalam sebuah masyarakat secara sadar maupun tanpa disadari. Organisasi akan selalu hadir selama terdapat sekumpulan manusia yang menetap pada suatu wilayah atau tempat tertentu.

Sebuah organisasi dibentuk karena mereka hendak mencapai tujuan yang perlu dilakukan secara bersama-sama. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian organisasi, berikut ini penjelasannya:

Pengertian Organisasi

Organisasi adalah sekumpulan individu yang memiliki berbagai kepentingan yang sama. Menurut James D. Mooney, organisasi adalah suatu perserikatan manusia yang dibentuk untuk mencapai target atau tujuan yang sama.

Seorang ahli lainnya bernama Robbins (1994), mendefinisikan organisasi sebagai suatu kesatuan sosial yang disatukan secara sadar melalui batasan yang diidentifikasi, bekerja atas dasar yang relatif konsisten untuk mencapai tujuan bersama dalam suatu kelompok organisasi. Disisi lain pengertian organisasi menurut  Hasibuan (2011), merupakan sistem serikat formal, terstruktur, dan terkoordinasi yang berasal dari kerjasama sekumpulan orang untuk mencapai tujuannya.

Sebuah organisasi dibentuk karena memiliki suatu tujuan yang hendak dicapai, setiap organisasi akan memiliki tujuan atau target yang berbeda. Sebagai salah satu contoh, hadirnya organisasi mahasiswa jelas akan berbeda fungsinya dengan organisasi non-profit.

Ciri-Ciri Organisasi

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai seperti apa bentuk kelompok manusia yang disebut sebagai organisasi, terdapat ciri-ciri yang memberikan gambaran mengenai organisasi. Berikut ini ciri-ciri organisasi yang dapat kamu ketahui:

  1. Sekelompok orang yang dikenal
  2. Kegiatan yang saling berkaitan
  3. Setiap anggota memiliki peran atau usaha
  4. Memiliki kewenangan, koordinasi dan sistem pengawasan
  5. Memiliki tujuan yang sama

Tujuan Organisasi

Terbentuknya sebuah organisasi karena adanya kepentingan yang dimiliki setiap anggotanya mengenai suatu hal untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi tidak dapat secara semena dibentuk hanya dengan mengandalkan sejumlah massa, tetapi juga perlu diperhitungkan mengenai tujuan pembentukan suatu organisasi.

Pada dasarnya penerapan tujuan dalam suatu organisasi bisa diartikan sebagai sebuah landasan bagaimana para anggota akan saling bekerja sama untuk meraih hal yang sama, dimana tujuan tersebut baru akan terlaksana jika dilakukan bersama-sama.

Tujuan organisasi menjadi bagian dari suatu proses dimana setiap orang yang terlibat akan menjalankan peran dan memberikan kontribusi yang diperlukan bagi terlaksananya hasil yang efisien dan positif.

Jenis-Jenis Organisasi

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap organisasi memiliki tujuannya masing-masing. Hal ini juga berdampak pada bagaimana suatu organisasi membentuk prinsip-prinsip dalam kelompoknya dengan kepentingan dan tujuan yang bisa jadi berbeda dengan organisasi lainnya.

Berikut ini penjelasan mengenai 5 prinsip-prinsip organisasi menurut Henry Fayol:

  • Pembagian kerja

Suatu organisasi memiliki prinsip dalam pembagian tugas kerja terhadap individu yang tergabung dalam kelompok berdasarkan pertimbangan pengalaman dan keahlian setiap anggota.

Pembagian kerja dalam organisasi dilakukan untuk mencapai stabilitas dalam kelompok, dimana setiap orang memiliki peran dan tanggung jawab yang diberikan padanya. Melalui pembagian kerja maka individu dalam organisasi dapat memberikan kontribusi masing-masing dalam mencapai tujuan bersama.

  • Wewenang dan Tanggung jawab

Organisasi memiliki wewenang dan juga tanggung jawab yang diberikan kepada setiap individu yang terlibat, kedua hal ini adalah kunci ketika sebuah organisasi dibentuk. 

Melalui wewenang dan tanggung jawab seseorang akan menciptakan suatu bentuk hubungan dimana pihak-pihak terkait akan memiliki kekuasaan dalam memberikan perintah dan menerima perintah. Hal ini akan berdampak pada bagaimana seseorang akan bertanggung jawab atas status kekuasaan dan tugas yang diberikan kepadanya.

Semakin tinggi atau besar jabatan seseorang maka akan semakin besar juga wewenang dan tanggung jawab yang perlu dipikul. Oleh sebab itu, organisasi membutuhkan kerja sama seluruh pihak dalam pelaksanaanya.

  • Disiplin

Prinsip lainnya yang dimiliki dalam suatu organisasi adalah sikap disiplin, dimana sikap ini akan memberikan pengaruh terhadap tanggung jawab atas pekerjaan yang telah diberikan kepadanya.

More Coverage:

Disiplin dapat dilihat dari bagaimana seseorang berupaya menyelesaikan tugasnya sesuai tenggat waktu, bagaimana seseorang dapat mempertanggung jawabkan hasil dari pekerjaannya, tata krama, kesiapan dan lain sebagainya.

  • Kesatuan perintah

Organisasi juga memiliki prinsip kesatuan perintah, maksudnya adalah dalam organisasi perintah yang diberikan tidak boleh lebih dari seorang di atasnya. Setiap individu dalam organisasi perlu mengetahui kepada siapa dia akan menjelaskan, melaporkan dan bertanggung jawab atas hasil pekerjaannya.

Kesatuan perintah digunakan untuk menghindari terjadi penyalahgunaan wewenang dan juga memberikan pembagian kerja yang lebih adil terhadap setiap anggota. Hal lain yang dipertimbangkan dalam kesatuan perintah untuk menghindari adanya pertentangan antara satu sama lain.

  • Kepentingan umum

Organisasi berprinsip bahwa kepentingan umum berada diatas kepentingan pribadi setiap anggotanya. Maksudnya adalah setiap anggota harus memiliki tujuan yang sama dan tidak hanya mementingkan keuntungan dirinya saja. 

Demikian penjelasan seputar pengertian organisasi hingga prinsipnya. Sebuah organisasi pada intinya berfungsi karena adanya persamaan tujuan yang hendak diraih dan baru akan terlaksana saat seluruh individu bekerja sama. Semoga informasi tersebut membantu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again