1. DScovery

Organisasi: Pengertian, Unsur-unsur, Ciri-ciri, Bentuk, dan Tujuannya

Berikut ini adalah rangkuman informasi mengenai organisasi yang harus kamu ketahui. 

Organisasi banyak dijumpai di sekitar kita, mulai dari organisasi sekolah seperti OSIS, BEM di kampus dan organisasi tingkat desa seperti Karang Taruna hingga organisasi internasional antar negara di dunia seperti Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Karena ada begitu banyak organisasi di dunia, kamu mungkin tergabung atau mengikuti organisasi tertentu saat ini.

Lalu apa sih itu organisasi? Dan apa saja hal yang mengenai organisasi yang perlu kamu ketahui? Cek tulisannya di bawah ini!

Pengertian Organisasi

Pengertian organisasi adalah wadah sekelompok orang yang bekerja sama secara rasional dan sistematis untuk mencapai tujuan tertentu dengan menggunakan sumber daya yang ada di dalamnya.

Sedangkan dalam dunia bisnis, organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis, dengan struktur yang jelas dan budaya kerja yang spesifik.

Menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian, organisasi adalah suatu bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan dan dalam ikatan itu terdapat seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.

Unsur-unsur Organisasi

Untuk mengelola organisasi secara optimal, diperlukan implementasi unsur-unsur dasar dalam organisasi itu sendiri.

Ketika unsur-unsur ini sempurna, organisasi dapat berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa unsur yang harus ada dalam sebuah organisasi:

1. Anggota organisasi, terdiri dari pengurus yang mengelola organisasi secara umum, pengawas yang mengelola unit-unit tertentu sesuai dengan bidang pekerjaannya, dan orang-orang yang bekerja di bawah pimpinan. Penyebutan ini biasanya disesuaikan untuk semua jenis organisasi

2. Kerjasama merupakan bagian penting dari organisasi, dengan kerjasama yang baik maka tujuan organisasi dapat tercapai bersama. Dengan ini, jumlah anggota membantu memfasilitasi pengorganisasian bagian-bagian kerja untuk mencapai kerja sama yang lebih baik

3. Tujuan organisasi memandu perjalanan organisasi dalam menentukan kegiatan yang akan dilakukan nantinya

4. Lingkungan, seperti kondisi sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi, menjadi pendukung untuk mencapai tujuan organisasi yang diberikan.

5. Peralatan adalah sarana seperti bahan, anggaran, dan barang modal lainnya yang dapat menjadi tempat kerja atau tempat berkumpulnya suatu organisasi.

6. Komunikasi pasti berdampak besar pada seberapa baik setiap anggota organisasi dapat bekerja sama. Komunikasi yang baik sangat mendukung berkembangnya organisasi sesuai dengan proses kerja yang tertata secara optimal.

Ciri-ciri dan Bentuk Organisasi

Ciri Organisasi:

1. Mempunyai tujuan dan sasaran

2. Mempunyai keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati

3. Adanya kerja sama dari sekelompok orang

4. Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang

Bentuk Organisasi:

1. Ada dua kelompok dalam organisasi garis dan staf, yaitu mereka yang melaksanakan tugas pokok organisasi untuk mencapai tujuan dan orang-orang yang bekerja menurut departemennya masing-masing. Pada umumnya pembagian kerja lebih terarah dan tidak hanya berasal dari pimpinan tertinggi organisasi.

2. Organisasi garis adalah yang paling sederhana dengan jumlah anggota paling sedikit dengan pengurus tertinggi, kemudian ada anggota lain yang melakukan pekerjaan sesuai dengan departemen yang ditentukan.

3. Organisasi fungsional terdapat pembagian tugas eksekutif yang diberikan oleh otoritas yang lebih tinggi sedemikian rupa sehingga anggota yang lebih rendah hanya perlu menerima instruksi dan bahkan dapat menerima beberapa instruksi sekaligus.

4. Organisasi komite, atau biasa disebut dengan panitia yang kepadanya kekuasaan tertentu didelegasikan dan dirundingkan untuk memutuskan berbagai masalah yang berkaitan dengan kegiatan organisasi untuk mencapai tujuannya.

Tujuan Organisasi

Berikut ini adalah beberapa tujuan organisasi yang sering dijadikan tujuan pengembangan organisasi, yaitu:

1. Meningkatkan kemandirian dan efisiensi sumber daya yang tersedia untuk kamu

2. Platform untuk orang-orang yang benar-benar ingin mendapatkan tugas, penghargaan, dan pembagian kerja yang jelas

More Coverage:

3. Wadah yang memiliki pengawasan dan kekuasaan

4. Untuk membantu setiap individu meningkatkan hubungan sosial dan menggunakan waktu luang mereka secara optimal dan lebih bermakna

5. Sebuah wadah yang membantu menghasilkan keuntungan melalui kolaborasi kolaboratif

6. Membantu mengelola lingkungan bersama

7. Mencapai tujuan secara efisien dan efektif sejalan dengan tujuan awal organisasi

Demikian penjelasan mengenai apa itu organisasi. Jadi, sejatinya organisasi yang baik dan teratur tidak hanya membutuhkan pertemuan, tetapi juga referensi teori.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again