Orori Kini Jual Emas Batangan Resmi Antam, Bidik Penjualan Rp375 Miliar Per Tahun

Orori Kini Jual Emas Batangan Resmi Antam, Bidik Penjualan Rp375 Miliar Per Tahun

Hanya melalui platform e-commerce Orori, belum di e-mas
Peresmian kemitraan antara Orori dengan Antam / DailySocial
Peresmian kemitraan antara Orori dengan Antam / DailySocial

Orori, layanan e-commerce khusus menjual perhiasan online, kini resmi menjadi reseller emas batangan Antam. Ditargetkan penjualan emas batangan tiap tahunnya dapat tembus US$25 juta atau sekitar Rp375 miliar, atau 80 ribu transaksi dengan berat 35 kilogram emas tiap bulannya.

Direktur Orori Triono J. Dawis menuturkan, perusahaan juga menargetkan kenaikan GMV dari porsi logam mulia dapat mencapai 60-70% tiap tahunnya dari posisi saat ini 30-40% tiap tahunnya. Kenaikan porsi ini menurutnya dikarenakan meningkatnya minat masyarakat untuk membeli emas yang naik signifikan.

Ditambah pula, kondisi pertumbuhan ekonomi makro tumbuh di kisaran 5% dan penguatan dolar Amerika Serikat terhadap Rupiah. Alhasil banyak orang yang beralih ke investasi emas.

“Pertumbuhan emas batangan di Orori mencapai 25,75% pada tahun ini. Kenaikan ini jauh melebihi instrumen investasi lain, apalagi kalau sudah bisa beli secara online tentunya akan membuka kesempatan agar semua orang bisa membeli emas,” katanya, Selasa (6/11).

Dia meyakini target tersebut dapat tercapai, pasalnya ruang lingkup pemasaran emas Antam kini lebih luas karena lewat medium digital, sehingga dapat membuka peluang yang lebih besar terhadap berbagai kelompok masyarakat.

Data Orori mencatat, tren orang yang membeli perhiasan untuk kebutuhan investasi porsinya mencapai 60%. Sisanya masih membeli perhiasan untuk kebutuhan estetika.

Emas Antam yang dijual di Orori telah dilengkapi dengan sertifikat yang menjelaskan tentang dimensi, berat, kadar, kemurnian, dan nomor seri dari emas tersebut. Orori menyediakan pilihan pembelian emas batangan Antam dari 0,5 gram sampai 500 gram.

Belum ada kemungkinan apakah aplikasi online untuk membeli, menjual, dan menyimpan emas dari Orori, yakni e-mas akan ikut menjual emas dari Antam. Triono enggan memberikan jawabannya terkait hal tersebut.

Antam siap bentuk layanan e-commerce sendiri

General Manager Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam Abdul Hadi Aviciena menambahkan Orori adalah mitra reseller swasta pertama, sekaligus mitra online pertama yang memasarkan emas perseroan. Secara total ada delapan mitra reseller resmi Antam.

Pihaknya akan terus menambah reseller, kendati tetap selektif dalam pemilihannya. Pemilihan reseller akan difokuskan ke sektor digital, sehingga pemasaran bisa lebih masif. Tidak hanya itu, perseroan juga tengah mengembangkan platform e-commerce sendiri untuk penjualan emas.

“Kami masih dalam tahap pengembangan, semoga akhir tahun ini kami bisa layani penjualan emas via online,” ucap Abdul.

Antam menjual produk emas cetakan terbaru dengan kemasan Certicard dengan berbagai ukuran dari 0,5 gram sampai 100 gram. Ukuran lainnya dari 250 gram sampai 1 kilogram, dan bentuk lainnya yang berbentuk koin. Penjualan emas dengan ukuran 100 gram, disebutkan paling diminati konsumen.

“Yang 100 gram memang favorit, tapi itu kan di level Rp62 jutaan. Kalau bisa investasi di sebesar itu silahkan saja. Jangan lupa cek harganya karena antara Dolar dan Rupiah itu saling terkoneksi, tapi sekarang kondisinya Rupiah sudah lebih baik dibanding minggu-minggu lalu.”

Berdiri sejak 2012, pengguna aktif Orori diklaim mencapai 370 ribu per bulan. Ada 50 mitra korporasi yang turut menggunakan jasa Orori. Pembelian emas via Orori dijamin sudah berasuransi dan dikirim oleh mitra logistik terpercaya yakni JNE dan RPX.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…