25 January 2016

by Bambang Winarso

OxygenOS 2.1.4 untuk OnePlus One Sudah Tersedia

Versi ini berbeda dengan versi di OnePlus 2, salah satunya minus teknologi MaxxAudio

OnePlus One merupakan perangkat perdana OnePlus yang sejak hari pertama lahir memboyong sistem operasi custom dari Cyanogen. Sistem operasi inilah yang membuat flagship OnePlus sangat digemari, selain tentu dikarenakan spesifikasinya yang menjanjikan. Tapi, petaka muncul ketika Cyanogen menjalin hubungan dengan Micromax yang mana nama terakhir justru menjegal OnePlus ketika menjalani debut di India. Merasa dikhianati, OnePlus pun bertekad mengembangkan sistem operasi sendiri. Maka, jadilah OxygenOS.

Setelah memulai debut pada pertengahan tahun lalu, OxygenOS terus mengalami penempaan. Dan pada akhir pekan lalu OnePlus secara merilis versi asli OxygenOS 2.1.4 yang diperuntukkan bagi perangkat OnePlus One. Di momen itu OnePlus memastikan custom OS tersebut sudah dapat diunduh dan dipasang ke perangkat.

Kendati secara keseluruhan OxygenOS 2.1.4 untuk OnePlus One mempunyai fitur yang sama dengan versi di OnePlus 2. Namun ada beberapa perubahan yang membedakan keduanya, di mana dikarenakan masalah pada kompatibilitas perangkat keras, OnePlus tidak menyertakan teknologi suara MaxxAudio dan sejumlah aplikasi terkait. Sedihnya lagi, kamera manual dan dukungan format RAW juga tidak dapat ditemukan. Pun begitu dengan teknologi pemindai sidiki jari yang belum tersedia di dalamnya.

Beruntung fitur-fitur interface unggulan seperti Dark Mode yang akan mengubah tatap muka pengguna menjadi serba hitam serta sejumlah opsi penyesuaian tetap disertakan. Di kategori yang sama pengguna juga dapat memasang custom icon pack yang dapat mempercantik tampilan interface perangkat. OnePlus juga menyertakan fitur App Permission, double tap to wake dan dukungan gesture untuk mengoperasikan sejumlah aplikasi dengan cara menggambar di layar.

Sayangnya, sistem operasi versi baru ini belum bisa diunduh melalui OTA. Artinya, Anda harus mengunduh berkas yang diperlukan di desktop kemudian memasangnya secara manual. Pun begitu, OnePlus sudah memberikan panduan ringkas untuk dijadikan petunjuk pemasangan.

Tak lupa OnePlus juga memberikan peringatan bahwa proses ini akan mem-flash memori perangkat, jadi semua data di dalamnya akan hilang ketika OS terpasang. Untuk itu, sangat disarankan untuk melaukan backup data-data penting terlebih dahulu. Berkas apa saja yang harus diunduh, dapat ditemukan di forum resmi OnePlus di sini.