Categories

Berita

Pasar Mobil Bekas Mendapat Momentum, Garasi.id Perkuat Kolaborasi dengan Sektor Finansial

Garasi.id merupakan platform jual-beli mobil bekas yang terintegrasi dengan platform marketplace Blibli

Kristin Siagian - 2 July 2021

Perubahan teknologi yang cepat telah mempengaruhi industri otomotif selama beberapa dekade terakhir. Pengaruh media dan perkembangan digital telah secara signifikan mengubah perjalanan pelanggan dalam membeli mobil. Sesederhana konsumen sekarang menghabiskan lebih banyak waktu untuk meneliti secara online sebelum memutuskan mobil apa yang ideal untuk mereka dan pergi ke dealer mobil untuk melakukan pembelian.

Dari semua rangkaian tersebut, yang paling dibutuhkan masyarakat adalah proses online yang lengkap dan juga transparan. Salah satu cara untuk memastikan kesinambungan interaksi dengan pembeli mobil bekas adalah dengan menawarkan sesuatu yang lebih dari sekadar “mobil bekas pilihan”. Untuk mencapai hal ini, ekosistem kepercayaan perlu dibangun dan itu berarti menawarkan produk dan layanan konsumen yang relevan dengan kebutuhan konsumen.

Garasi.id merupakan salah satu perusahaan e-commerce khusus otomotif dengan spesialisasi mobil bekas yang terintegrasi dengan platform marketplace Blibli.  Platform ini melayani mulai dari jual-beli, perawatan, pembiayaan, dan yang terakhir di extended warranty untuk mesin dan transmisi.

Pandemi beserta PSBB sangat berpengaruh bagi aktivitas jual beli mobil bekas tidak terkecuali Garasi.id. Keterbatasan mobilitas mengakibatkan terhambatnya konsumen yang ingin melihat mobil secara kunjungan langsung. Namun, hal tersebut juga membawa dampak positif pada kenaikan transaksi unit kendaraan hingga 89% selama pandemi, serta kenaikan hingga 225% untuk transaksi Jasa-Servis, berdasarkan data internal Garasi.

Industri mobil bekas di Indonesia sendiri sedang mendapat momentum, salah satu platform marketplace mobil bekas yang beroperasi di Indonesia, Carro belum lama ini berhasil meraih pendanaan seri C dan mencapai status unicorn. Selain itu, ada juga Carsome yang berencana go-public di bursa Amerika Serikat.

Perkuat kolaborasi

Minat masyarakat untuk membeli mobil diprediksi akan meningkat tahun ini. Hal tersebut turut disorot oleh perusahaan konsultasi dan riset Inventure, lebih dari 50 persen responden berencana membeli mobil sebagai pilihan kendaraan paling aman untuk bepergian di masa pandemi. Gaikindo sendiri menyebutkan di tahun 2020, sebanyak 600 ribu unit mobil baru terjual. Setiap ada 1 unit mobil baru terjual, akan muncul 2-2.5 mobil bekas yang terjual. Jadi, pasar industri otomotif khususnya penyedia mobil bekas diprediksi akan terus bertumbuh.

Namun tantangan datang dari sisi pembiayaan, beberapa lembaga memperketat persyaratan kredit sehingga banyak konsumen yang kesulitan mendapatkan persetujuan. Dari sisi penjualan, banyak masyarakat terdampak yang harus terpaksa menjual mobilnya, dan pada saat yang bersamaan, dealer mobil baru memberikan diskon yang lebih besar dari normal. Akibatnya terjadi ketidakseimbangan harga pasar.

"Bagaimanapun juga, mobil bekas merupakan salah satu rentetan dari bisnis otomotif. Jika harga baru turun, harga mobil bekas pun berdampak. Tapi kalau untuk penjualan, tidak berdampak negatif." ujar CEO Garasi.id,Ardy Alam.

Garasi.id, melalui fitur dan layanan yang lengkap di aplikasi, melakukan kolaborasi bersama Blibli dan Maybank Finance dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk membeli mobil baru ataupun tukar tambah dengan mobil lamanya secara online tanpa khawatir. Hadirnya Maybank Finance sebagai mitra leasing Blibli akan memberikan layanan keuangan dan pembiayaan yang terjamin aman, sementara Garasi.id menjadi wadah untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang ingin membeli mobil baru dengan menukar mobil lamanya.

Program Tukar Tambah ini adalah inisiatif yang pertama dari Blibli.com, Maybank Indonesia Finance, dan Garasi.id. Skema programnya secara singkat adalah konsumen yang berencana membeli mobil baru dengan pembiayaan dan menjual mobil lamanya. Untuk program ini mekanisme pembayaran akan melalui Blibli dan Maybank Finance sebagai anak perusahaan Maybank yang berkecimpung di bidang pembiayaan kendaraan bermotor.

Selain itu, Garasi.id juga menyediakan skema pembayaran untuk produk yang ditawarkan (seperti car care, servis berkala, dsb) menggunakan kartu kredit atau virtual account. Tim Garasi.id mengaku masih membuka peluang kerja sama dengan institusi pembiayaan lainnya.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter