Categories

Berita

Pemkot Bandung Kerja Sama dengan Facebook Berikan Pelatihan Bagi UKM

Pelatihan tentang pengetahuan dan keahlian penggunaan teknologi untuk memajukan bisnis mereka

Prayogo Ryza - 15 February 2016

Dalam perkembangannya media sosial tidak lagi hanya menjadi media komunikasi masyarakat tetapi juga menjadi salah satu media promosi yang cukup efektif. Salah satunya adalah Facebook. Bahkan Facebook tak segan untuk terjun langsung memberikan pelatihan ke UKM untuk meningkatkan bisnis mereka. Paling baru adalah kerja sama antara Pemerintah Kota Bandung dan Facebook dalam program “Boost Your Business” yang diselenggarakan kemarin.

Dalam acara tersebut Facebook akan memberikan pelatihan bagi UKM untuk mengembangkan pengetahuan, keahlian, dan penerapan teknologi yang UKM butuhkan untuk mengembangkan bsinis mereka dalam ekonomi global seperti saat ini. Untuk bisa bersaing dengan produk luar negeri yang masuk ke Indoneisa seiring dengan pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dalam acara yang digelar di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaumkurang Minggu (14/2) kemarin lebih 300 pelaku UKM di Kota Bandung berpartisipasi.

Menanggapi kerja sama ini Walikota Bandung Ridwan Kamil menyampaikan:

"Acara ini diharapkan bisa mendorong produk-produk kreatif Bandung agar bisa memasarkan produk mereka secara kompetitif di Facebook dan belajar untuk memasarkan produknya secara online ke pasar Internasional yang lebih luas sehingga mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi negara."

Walikota yang akrab disapa Kang Emil tersebut juga menyerukan masyarakat Bandung tidak terlalu panik dalam menghadapi MEA. Acara yang diselenggarakan Facebook ini bisa menjadi diharap bisa menjadi inspirasi Bandung untuk lebih proaktif dalam menghadapi tantangan MEA.

Selain mendukung acara ini Kang Emil juga titip pesan kepada Facebook agar menyiapkan platform pembayaran untuk diimplementasikan dalam sistem bisnis Facebook untuk UKM di kota Bandung. Platform ini nantinya diharapkan bisa memudahkan UKM di Bandung untuk menangani pembayaran dari luar negeri.

"Kalau di Indonesia kan enggak masalah, tapi saat dengan orang (negara) lain itu gimana. Jadi gimana caranya supaya UKM ini bisa tetap bertransaksi, menerima duit dengan bahasa yang dimengerti," terang Kang Emil.

Saat ini di Indonesia solusi pembayaran yang mudah dan memudahkan memang terus dicari. Tak heran jika startup finansial teknologi dalam hal solusi pembayaran terus bermunculan. Menarik untuk menanti apakah harapan Kang Emil tentang platform pembayaran dari Facebook akan segera direalisasikan.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter