Categories

Interview

Pendekatan Teknologi Efektif Diterapkan Elio untuk Jajakan Produk Kesehatan Pria

Elio jadi salah satu peserta yang terpilih dalam program akselerator Gojek Xcelerate

Prayogo Ryza - 25 June 2020

Elio mendefinisikan dirinya sebagai perusahaan consumer health berbasis teknologi yang menawarkan produk dan layanan khusus pria. Sentuhan teknologi ditambahkan dalam rangka memberikan kemudahan akses kepada produk-produk perawatan yang telah direkomendasikan dokter.

Beberapa produk yang ditawarkan Elio fokus pada kesehatan pria, seperti halnya kerontokan rambut, pengobatan jerawat, dan juga disfungsi ereksi.

Untuk membantu mengenali keluhan dan permasalahan pelanggannya, Elio memberikan konsultasi online gratis, juga beberapa pertanyaan kuesioner yang harus dijawab. Setelah itu dokter akan menganalisis keluhan pelanggan tersebut dan merekomendasikan produk yang cocok.

“Elio mengimplementasikan teknologi telehealth dengan menyediakan konsultasi dokter secara online di website. Selain itu Elio menggunakan media sosial untuk berkomunikasi secara intens dengan pelanggan,” ujar Co-Founder  & Co-CEO Elio Walton Hartanto.

Walton lebih jauh menjelaskan, teknologi digital bagi Elio bisa menunjang komunikasi dengan pelanggan. Konsultasi secara online diyakini sebagai salah satu sarana paling tepat bagi para pelanggan Elio untuk mendapat produk perawatan dan kesehatan yang sesuai.

“Hal itu tentunya didukung oleh riset internal Elio bahwa kurang dari 20% pria belum atau tidak pernah melakukan konsultasi secara langsung kepada dokter. Selain itu juga terus mencari formulasi yang tepat dengan inovasi produk baru,” imbuh Elio.

 

Perjalanan Elio

Adopsi teknologi di bidang kesehatan memang mengalami akselerasi pertumbuhan. Kehadiran layanan pembelian obat online dan telemedicine semakin memasyarakatkan pengalaman akses layanan kesehatan dengan teknologi di Indonesia. Elio adalah salah satu yang mencoba memanfaatkan peluang tersebut.

Dimulai sejak tahun 2019, Elio mengklaim sudah berhasil mendapatkan 10 ribu pelanggan aktif. Mereka juga berhasil menjadi salah satu dari 11 startup lokal yang mengikuti Gojek Xcelerate.

“Elio berkomitmen untuk meningkatkan layanan pelanggan dan juga melakukan inovasi seamless user interface dan user experience sehingga memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi aktif dengan Elio. Selain itu, Elio juga telah mengenkripsi seluruh data pelanggan terdaftar untuk memastikan keamanan privasi pelanggan,” terang Walton.

Selanjutnya, Elio juga berencana untuk melakukan inovasi dengan memperluas ke berbagai lini produk baru untuk perawatan kesehatan pria. Selain itu secara grup perusahaan, Elio juga akan berinovasi untuk produk-produk kesehatan wanita dan kesehatan umum.

“Pada implementasi teknologi digital, Elio akan terus meningkatkan infrastruktur digital untuk memperluas lini layanan pelanggan,” tutup Walton.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter