1. DScovery

Pengertian Dropship dan Perbedaannya dengan Reseller

Meski sering dikenal sama, tetapi dropship dan reseller adalah dua hal yang berbeda.

Kamu pastinya sudah sering mendengar istilah dropship, bukan? Dropship merupakan sistem penjualan, di mana dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu menyetoknya terlebih dahulu.

Sebagian orang masih menanggap dropship sama dengan reseller. Padahal, keduanya memiliki pengertian dan cara kerja yang berbeda.

Lantas apa yang sebenarnya dimaksud dropship dan apa saja perbedaannya dengan reseller?

Pengertian Dropship

Pada dasarnya, dropship adalah sebuah sistem di mana seseorang dapat menjual suatu produk milik pihak lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Pihak yang melakukan dropship disebut sebagai dropshipper.

Cara kerjanya, dropshipper akan memasarkan suatu produk dari pihak penyedia, lalu menjualnya dengan nama bisnis yang berbeda dan mengirimkannya langsung ke alamat pembeli. Dropship dianggap sebagai usaha yang minim modal karena tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli stok produk secara fisik.

Saat ini, dropship marak dilakukan pada berbagai jenis marketplace dan e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya. Produk yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari makanan, minuman, kosmetik, hingga obat-obatan dan masih banyak lagi.

Perbedaan Dropship dan Reseller

Meski memiliki cara kerja yang berbeda, nyatanya masih banyak orang yang menganggap dropship sama seperti reseller. Reseller sendiri merupakan seseorang yang bertugas untuk mempromosikan dan menjual kembali produk dengan stok barang yang tersedia.

Adapun beberapa perbedaan antara dropship dengan reseller, yakni:

Stok Barang

Dropship dan reseller memiliki perbedaan utama pada stok barang yang dimiliki. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dropship tidak memerlukan stok barang sementara reseller harus memasok barang terlebih dahulu dari produsen untuk dijual kembali.

Dropshipper bertugas untuk mempromosikan produk kepada konsumen, sementara semua proses pengemasan dan pengiriman tetap dilakukan oleh produsen. Sementara reseller tetap harus melakukan promosi, pengemasan, hingga pengiriman barang hingga sampai ke tangan konsumen.

Modal yang Perlu Dikeluarkan

Dropshipper tidak perlu memberi stok barang secara fisik, sehingga modal yang dikeluarkan akan jauh lebih sedikit dari reseller. Sementara reseller harus mengeluarkan modal yang cukup agar dapat memasok barang dari produsen ke konsumen.

Keuntungan

Dari segi keuntungan, reseller bisa memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar dari dropshipper. Pasalnya, reseller biasanya mendapat harga khusus dari distributor.

Sementara dropshipper hanya memperoleh keuntungan sebesar beberapa persen dari setiap produk yang berhasil terjual saja. Semakin banyak produk yang dijual, maka presentase keuntungannya juga akan semakin besar.

Strategi Pemasaran

More Coverage:

Dropship dan reseller juga memiliki strategi pemasaran yang berbeda. Seorang reseller umumnya menggunakan strategi pemasaran yang lebih kompleks, mulai dari direct selling hingga berjualan secara online. Sementara dropshipper biasanya hanya melakukan pemasaran secara online menggunakan channel sosial media, seperti instagram, tiktok, facebook, dan lain sebagainya.

Risiko

Karena modal yang dikeluarkan berbeda, pastinya dropship dan reseller juga memiliki tingkat risiko yang berbeda pula. Berbeda dengan dropship yang minim modal dan risiko, sistem reseller jauh lebih berisiko karena penjual harus memastikan stoknya laku secara keseluruhan.

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian dropship dan perbedaannya dengan reseller. Meski dropship memiliki tingkat keuntungan yang lebih rendah dari reseller, namun hal tersebut sebanding karena modal dan risiko yang dihasilkan juga akan lebih rendah. Oleh sebab itu, dropship cocok untuk kamu yang ingin menambah penghasilan tanpa memerlukan modal besar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again