1. Lifestyle

Penjualan PlayStation 4 Dua Kali Lipat dari Xbox One di Amerika

Jangan berpikir bahwa di hari kasih sayang, pertempuran antara dua home console raksasa akan mereda. Setelah masa-masa hening saat kedua kubu merasa puas dengan penjualan platform game mereka, NPD Group memecah kesunyian dengan mengumumkan bahwa PS4 terjual dua kali lebih banyak dibandingkan Xbox One.

Data ini diambil untuk wilayah Amerika serikat, dengan begitu hingga bulan Januari 2014 berakhir, Sony PlayStation merupakan console game terlaris nomor satu di dunia. Seorang jurnalis bernama Geoff Keighley melaporkan bahwa Sony telah menjual hampir dua kali jumlah kompetitor next-gen mereka.

Sang Marketing Vice President Sony, John Koller, mengkonfirmasi hal ini bahwa angka penjualan sebesar 4,2 juta unit menunjukkan kepercayaan gamer terhadap Sony. Semenjak tersedia di toko-toko retailer sejak November lalu, PlayStation 4 telah habis terjual. Dan selanjutnya mereka berencana akan meluncurkan sekitar 100 buah game di tahun 2014 ini.

 

Info menarik: Trailer Terbaru Game Racing Project CARS Pamerkan Visual Cantik

 

Jumlah fantastis tersebut juga digambarkan dari tingkat penjualan game multiplatform untuk kedua console. Ambil saja contohnya Tomb Raider: The Definitive Edition. Versi PlayStation 4 permainan ini terjual sekitar dua kali lebih banyak dibandingkan Xbox One. Dan kita bisa beranggapan bahwa masalah perbedaan performa yang terjadi di console Microsoft itu turut mengambil andil mengapa konsumen lebih memilih versi PS4-nya. Tapi tentu saja, laporan NPD tersebut tidak mengikutsertakan penjualan secara digital.

Kubu Microsoft sendiri sebenarnya cukup bahagia dengan performa penjualan mereka, namun enggan mengungkapkan angka penjualannya sendiri. Mereka justru memamerkan performa software dan pangsa pasar: Microsoft telah merangkul kurang lebih 2,7 gamer dan menguasai sebesar 47 persen pasar retail di Amerika Serikat.

Momentum penjualan di bulan Januari merupakan hal titik pembanding penting dimana baik Xbox One dan PlayStation 4 dijual pertama kali setelah musim libur berakhir. Di bulan Desember, Microsoft sempat berada di posisi puncak dengan berhasil menjual 908.000 unit Xbox One di Amerika Serikat.

 

Info menarik: Kehadiran Nokia X Alias Nokia Normandy Semakin Dekat?

 

Waktu itu penjualan Xbox One meningkat karena PlayStation 4 terjual habis di toko-toko retail. Publik yang sudah gatal ingin menikmati next-gen platform akhirnya memutuskan untuk memilih yang tersedia saja. Akan lain cerita jika saat itu Sony mampu memasok PlayStation 4 pada para retailer tanpa terputus.

Menurut analis, di tahun baru ini perbedaan harga sebesar US$ 100 akan memberikan dampak langsung bagi penjualan dua home console itu. Berbeda dari Microsoft masih belum memberikan kepastian kapan Xbox One akan dirilis di negara-negara lain selain target pasar utamanya, Sony masih memiliki satu pasar dengan potensi besar yang menanti, yaitu kampung halamannya sendiri.

Rencananya PlayStation 4 akan dirilis di Jepang minggu depan, pada tanggal 22 Februari.

Via TheVerge. Gambar header: Giantbomb.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again