1. Startup

Pentingnya Fungsi Pengembangan Produk Dalam Startup Bagi Pebisnis

Dalam membangun bisnis startup, produk merupakan hal terpenting yang harus dipikirkan secara matang. Menawarkan produk ke user atau pengguna membutuhkan macam-macam pendekatan, agar user tertarik untuk memakai produk dan menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Dari fakta tersebut menyimpulkan pernyataan secara tidak langsung bahwa  produk memberikan value besar dalam bisnis dan merupakan hal pokok yang harus diprioritaskan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa bagi pebisnis awal, mengembangkan sebuah produk bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena adanya keterbatasan dari budget

Pengembangan produk sangat perlu untuk dilakukan agar bisnis bisa terus berkembang dan mampu bersaing dengan para kompetitor, salah satunya dengan mengeluarkan inovasi-inovasi baru terhadap produk yang tentunya sudah disesuaikan dengan target pasar yang dilakukan berdasarkan hasil riset. 

Melansir dari Tech Target, yang dimaksud dari pengembangan produk adalah serangkaian kegiatan yang mencakup beberapa hal penting dari produk seperti pembuatan konsep, pengembangan, desain, hingga pemasaran produk yang akan diluncurkan maupun rebranding. Apa yang membuat product development ini penting bagi bisnis startup didasari oleh perkembangan zaman yang mempengaruhi tren dan teknologi yang terus berganti sehingga permintaan masyarakat pun kian meningkat. 

Di sisi lain, para pebisnis awal memiliki keterbatasan budget dalam memenuhi permintaan masyarakat yang terus meningkat. Sehingga, pengembangan produk tidak dapat terealisasikan dan semakin ditinggalkan oleh masyarakat karena produk sudah tidak lagi memiliki value dimata mereka. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui proses pengembangan produk sedari awal. 

Dari pengembangan produk, kita juga dapat menemukan cara untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah dari sudut pandang pengguna, memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan dari pengguna sehingga kita bisa mendapatkan feedback maupun mendeteksi jika ada kesalahan pada produk yang dikembangkan. 

Pembahasan menarik ini akan dibahas lebih dalam bersama Jerome Poudevigne, Principal Solution Architect, Amazon Web Services, Singapura dan Ajey Gore, Teknologi Operating Partner Sequoia Capital India, Singapura, dalam webinar #StartupUntukNegeri dengan tema “Fungsi Penting Pengembangan Produk dalam Startup”. Kegiatan kami yang berkolaborasi dengan Amazon Web Series (AWS) ini akan diadakan pada hari Kamis, 22 April 2021 melalui aplikasi Go To Webinar, pukul 19.00 WIB tanpa biaya apapun.

Jadi, pastikan kamu menghadiri acara ini untuk bisa menambah wawasan mengenai pentingnya pengembangan produk yang harus dilakukan oleh para pebisnis!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again