Categories

Interview

Penyedia Layanan Kebersihan On-Demand KliknClean Hadir di Indonesia

Dipimpin oleh mantan Managing Director Lamudi Indonesia Steven Ghoos; miliki kurir pembersih internal untuk jaga kualitas

Yenny Yusra - 6 February 2017

Kemudahan yang ditawarkan oleh layanan on-demand saat ini makin marak keberadaannya di tanah air. Setelah GoMaid, Go-Clean , Seekmi dan Beres, layanan terkini yang hadir di Indonesia adalah KliknClean. Layanan yang saat ini sudah bisa diakses di iOS, Android serta desktop secara khusus memfokuskan kepada tim pembersih internal, berbeda dengan layanan on-demand lainnya yang kebanyakan melancarkan kemitraan dengan masyarakat umum.

“Semua cleaners yang kami rekrut di KliknClean adalah semua pegawai dari KliknClean dan bukan mitra, dengan demikian kami bisa menetapkan standar sesuai dengan KlinClean yaitu dengan memberikan pelatihan atau training kepada semua cleaners di KliknClean,” kata CEO KliknClean Steven Ghoos kepada DailySocial.

Steven Ghoos sendiri sebelumnya sempat menjabat sebagai Managing Director Lamudi Indonesia. Startup yang baru berjalan sekitar 6 bulan ini mendapat investasi dari Asia Summit Capital, yang sebelumnya juga telah memberikan investasi kepada perusahaan jasa di Indonesia yaitu Centrepark dan Carefast.

“Jika Carefast menyasar segmen B2B kami di KliknClean ingin mencoba untuk meng-cater pasar B2C untuk on-demand dan B2B untuk jasa kebersihan. Dengan pengalaman dan kemampuan yang telah dimiliki oleh partner, kami mengetahui dengan jelas bagaimana caranya melakukan pelatihan dan mengembangkan skill untuk para cleaners kami,” kata Steven.

Steven juga menambahkan hal tersebut merupakan nilai tambah dari KliknClean yang mencoba untuk memfokuskan pasar B2C di Indonesia, dengan mengedepankan kualitas, konsistensi dan kepercayaan pelanggan.

Pilihan beragam untuk pemesanan hingga pembayaran

Selain bisa dipesan menggunakan aplikasi mobile dan desktop, KliknClean juga menawarkan layanan chat message melalui WhastApp atau SMS bagi pelanggan yang terbiasa melakukan komunikasi melalui chat message. Setelah melakukan pemesanan dan memberikan informasi yang dibutuhkan, tim KliknClean akan merekomendasikan cleaners yang akan melakukan pekerjaan.

“Pelanggan bisa melakukan pemesanan minimal 2 jam di awal, proses pemesanan cepat dan mudah sesuai dengan waktu yang diinginkan serta berapa jumlah ruangan yang ingin dibersihkan. Untuk ruangan kantor kami menyediakan meter persegi untuk luas ruangan yang akan dibersihkan,” kata Steven.

Hingga kini KliknClean mengklaim telah memiliki sekitar 500 pelanggan dan 50 cleaners dan menargetkan akan menambah 100 cleaners, dengan area layanan khusus Jakarta saja. Untuk pembayaran selama masa promosi KliknClean mengenakan harga Rp 40 ribu selama 2 jam untuk pelanggan.

“Nanti usai masa promo berakhir kami juga akan memberikan paket berlangganan kepada pelanggan setia kami dengan harga khusus,” kata Steven.

Untuk pilihan pembayaran KliknClean menawarkan pembayaran secara tunai, bank transfer dan kartu kredit, untuk ke depannya KliknClean berencana untuk menambah pilihan pembayaran lainnya.

“Tahun 2017 ini masih banyak pencapaian yang ingin kami raih, di antaranya adalah perluasan area layanan bukan hanya di Jakarta tapi juga kawasan Bodetabek, penambahan jumlah cleaners hingga penambahan jumlah transaksi hingga 500 per harinya. Dengan demikian menjadikan KliknClean one stop household untuk masyarakat Indonesia,” pungkas Steven.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter