Categories

Game

6 Perbedaan Mode Game 5V5 Vainglory, Arena of Valor, dan Mobile Legends

Sejatinya sama tapi menyuguhkan rasa yang berbeda

Lukman Azis - 2 February 2018

Update Vainglory versi 3.0 yang akan digulirkan bulan ini akan mempersembahkan mode game 5V5 untuk semua pemain. Saat ini sebagian pemain yang beruntung mendapatkan golden ticket, sudah bisa mencicipi lebih awal map Sovereign’s Rise.

Dari awal saya akui, secara visual tampilan grafis Vainglory dan efek animasinya yang kaya terlihat lebih hidup dibandingkan pesaingnya. Selain itu, khusus untuk Vainglory dan Arena of Valor, keduanya bisa dinikmati sampai 120 fps pada iPad Pro dan Razer Phone.

Lalu apa sih perbedaan antara mode game 5V5 Vainglory (VG), Arena of Valor (AOV), dan Mobile Legends (ML)?

1. Map Sama dengan Rasa yang Berbeda

Meski secara garis besar sama yakni menghidangkan pertandingan yang dimainkan oleh dua tim yang beranggota 5 pemain dengan map tiga lane. Namun masing-masing punya kekuatan yang lantas menyuguhkan rasa yang berbeda-beda.  Map Vainglory disebut Sovereign’s Rise, Antaris di Arena of Valor, dan Land Of Dawn pada Mobile Legends.

2. Sistem Kontrol Dalam Game

Pada mode game 5V5 Vainglory tetap mempertahan ciri khas mereka yakni sistem kontrol tap sebagai pengganti kursor mouse klik seperti MOBA di PC.

Kemampuan kontrolnya sudah ditingkatkan, untuk menggerakkan hero tidak hanya bisa melakukan tap, tapi juga hold dan slide kearah yang Anda inginkan. Hal itu tentu sangat membantu bergerak dengan cepat, mengingat map 5v5 terbilang luas.

Sedangkan Arena of Valor dan Mobile Legends menggunakan kontrol virtual analog yang lebih mengedepankan kemudahan. Kontrol Vainglory mungkin cenderung lebih presisi, tapi juga lebih sulit untuk dimainkan. Jadi menurut Anda, sistem manakah yang lebih baik?

3. Sistem Tampilan Kamera

Kalau pada Arena of Valor dan Mobile Legends kita bisa mengatur kamera dalam jarak jauh atau dekat, Vainglory tidak menyediakan opsi tersebut. Sebagai gantinya, disediakan fitur free camera.

Bila mengaktifkan ini, Anda bisa dengan bebas menggeser kamera untuk melihat ke sekeliling area walaupun Anda sedang menggerakkan hero. Ya, seperti game MOBA pada PC. Anda dapat menggeser kamera ke manapun yang Anda inginkan, tanpa harus tap dan hold mini map.

4. Hutan dengan Aset Berbeda

Ya, rasa yang berbeda itu salah satunya terletak pada bagian hutan, ketiganya memiliki monster dan aset yang berbeda. Pada Vainglory Anda akan menghadapi adalah dua naga, yakni Blackclaw san Ghostwing. Sementara, pada Arena of Valor ada Dark Slayer dan Abyssal Dragon. Kemudian pada Mobile Legends, Anda akan berhadapan Lord dan Turtle.

Bila Anda menaklukkan Blackclaw (VG) dan Lord (ML), maka ia akan membantu Anda menghancurkan turret dan base musuh. Sementara bila Anda dan tim menghabisi Ghostwing (VG), Turtle (ML), Dark Slayer (AOV), dan Abyssal Dragon (AOV), maka akan mendapat buff.

5. Cara Beli Item

Pada Arena of Valor dan Mobile Legends, begitu gold terkumpul saat match, Anda bisa langsung beli item yang dibutuhkan di mana pun berada. Tidak demikian dengan Vainglory, Anda harus membelinya di toko. Untungnya selain di markas, disediakan juga dua jungle shop di sisi bawah dan kanan.

6. Sistem Atribut

Bagi yang sudah bermain serius berkompetitif, kita juga harus memaksimalkan sistem atribut untuk meningkatkan atribut dasar hero seperti atack, HP, defense dan berbagai skill lainnya. Pada Vainglory disebut blueprint, arcana pada Arena of Valor, dan emblem pada Mobile Legends.

Perbedaan lainnya terletak pada level, di mana Vainglory kini sudah diberi tambahan 10 level. Jadi totalnya 40, sedangkan AOV dan ML sebatas 30.

Demikian perbandingan dan perbedaan mode game 5V5 pada Vainglory, Arena of Valor, dan Mobile Legends: Bang Bang. Buat Anda pemain AOV dan ML, jika mode final 5V5 Vainglory sudah dibuka untuk umum, apakah tertarik mencobanya?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter