1. Lifestyle

Perkuat Lini Iklan Mobile, Twitter Akuisisi MoPub

Iming-iming keuntungan bisnis periklanan mobile mendorong Twitter untuk memperkuat lini usaha mereka di sektor ini dengan mengambil alih MoPub, startup penyedia layanan perikalan mobile dengan harga $350 juta. Kepastian akuisisi ini didapat setelah Twitter mengkonfirmasi pembelian MoPub melalui blog resminya.

MoPub didirikan 3 tahun lalu oleh tiga sosok kreatif yakni Nafis Jamal, Bryan Atwood dan Jim Payne yang memegang kursi CEO saat ini, Jim Payne dulunya bekerja di jaringan iklan miliki Google AdMob yang juga bergerak di sektor mobile sebelum akhirnya mendirikan MoPub.

MoPub menawarkan tool pertukaran dan penawaran iklan bagi para pemasang dan penjual secara real time, semua transaksi dan perubahan status iklan terjadi dalam hitungan detik. Kurang lebih hampir sama dengan Adwords, bedanya MoPub fokus di sektor mobile saja. Setahun terakhir perusahaan ini berhasil mencatatkan pertumbuhan yang baik, hal ini dibuktikan dengan pendapatan bulan Mei tahun 2013 yang mencapai $100 juta. Wordpress, Ngmoco, OpenTable dan Flixter disebut menjadi pelanggan tetap MoPub hingga kini.

Teknologi yang dimiliki oleh MoPub sepertinya menjadi incaran utama Twitter dan berencana mengaplikasikan teknologi tersebut ke layanan iklan mereka. Pembelian MoPub diyakini akan membantu Twitter untuk lebih meningkatkan kapasitas mereka di sektor periklanan mobile meskipun saat ini pencapaian mereka di sektor ini tidaklah buruk, sayang tidak ada laporan atau pernyataan perusahaan terkait pendapatan mereka dari sektor mobile.

Pihak MoPub yang diwakili leh Jim Payne selaku CEO juga sudah mengkonfirmasi kebenaran berita pembelian ini meskipun tidak menyebutkan harga yang disepakati oleh keduanya. Selanjutnya, di bawah kepemilikan yang baru MoPub tetap akan melayani pelanggan seperti biasa.

Keberhasilan Twitter mengambil alih MoPub merupakan pencapaian positif bagi Twitter setelah bulan Juni lalu mereka membeli Spindle, sebuah layanan discovery local berbasis media sosial sekaligus mengalahkan Millenial Media yang juga sudah melakukan penawaran untuk membeli MoPub.

Sumber berita TechCrunch.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again