1. Startup

Perkuat Rantai Pasok, Youtap Manfaatkan Aset Ekosistem Salim Group

Bermitra strategis dengan PT Indomarco Adi Prima, sediakan ribuan SKU untuk stok bahan baku dan dagangan

Youtap Indonesia memperkuat rantai pasok dengan menghadirkan toko resmi Youtap Official Store (YOS) di dalam platform YouTab BOS. Seluruh suplai di dalam toko tersebut memanfaatkan ekosistem dari induk Youtap, yakni Salim Group, melalui PT Indomarco Adi Prima.

Dalam acara peluncurannya pada hari ini (25/7), CEO Youtap Indonesia Herman Suharto menyampaikan, rantai pasok hingga kini masih menjadi tantangan bagi pelaku UMKM. Belum lagi, dalam memenuhi kebutuhan rutin tersebut prosesnya tidak mudah karena mereka harus keluar rumah dan mendatangi toko grosir untuk mendapat harga yang murah atau menunggu distributor datang.

Bila pesan di platform e-commerce sekalipun, biasanya ongkos kirim yang dibebankan tidaklah murah karena stok yang dibeli dalam jumlah grosir. Kini YOS memungkinkan mitra usaha dalam memenuhi kebutuhan stok bahan baku maupun stok dagangan. Tersedia ribuan SKU yang dapat dipilih dengan harga murah dan bebas biaya pengantaran.

"Dengan bermitra strategis dengan Indomarco Adi Prima, kami bisa membawa YOS ini ke mitra-mitra usaha kami untuk bisa berbelanja kebutuhan usahanya dengan produk terlengkap, harga grosir termurah, dan pengiriman gratis tercepat," ujarnya.

Perkembangan layanan Youtap

Dia melanjutkan, dalam perjalanan awal Youtap, mereka pertama kali masuk dengan solusi pembayaran. Lalu perkembangan berikutnya, terlihat bahwa mitra butuh tambahan solusi dalam menjalankan operasional usaha, oleh karenanya dikembangkan Youtap POS, aplikasi kasir digital yang bisa digunakan dari ponsel pintar dan tablet.

Kemudian, menghadirkan Youtap BOS pada Maret 2023. Platform ini dapat diakses melalui situs atau aplikasi, diperuntukkan buat pemilik usaha sebagai alat memulai, mengatur, memonitor, dan mengelola usaha. Youtap BOS terhubung dengan lebih dari 300 penyuplai lokal hingga nasional.

"Dalam Youtap BOS ada tiga jenis channel pemasok. Pertama, local supplier yang dijaring oleh tim lapangan YouTap di tujuh lokasi. Kedua, national supplier yang kita direct kerja samanya, seperti Nutrifood, Campina, dan Sosro. Terakhir, Official Store bersama Indomarco."

PT Indomarco Adi Prima merupakan bagian dari Salim Group yang bergerak sebagai distributor produk-produk sembako terutama produk Indofood. Perusahaan memiliki ribuan jaringan gudang yang tersebar di seluruh Indonesia. Seluruh gudang tersebut disebutkan telah terintegrasi dengan YOS.

Dalam mekanismenya, setiap transaksi yang terjadi di Youtap Official Store akan dilihat berdasarkan lokasi gudang dan jaraknya lokasi pembeli. Biasanya ada satu gudang di tiap satu kecamatan. Secara sistem, gudang terdekat pembeli akan menerima notifikasi tiap transaksi yang perlu mereka antar.

"Karena ada scheduling delivery dan mapping, jadinya efisien dan harganya tetap terjangkau. Kami tetap bisa tawarkan free ongkir dengan ketentuan transaksi minimal Rp400 ribu."

Pasca terhubung dengan ekosistem Indomarco Adi Prima, Youtap memiliki peluang untuk memperluas rantai pasoknya ke 200 kota dari total 510 kota di Indonesia di mana cakupan solusi Youtap sudah diadopsi. Adopsi produk Youtap lainnya, seperti POS dan pembayaran, juga akan diperkuat mengingat trennya kian positif.

"Pertumbuhan kita selalu double digit untuk pembayaran QR, pengguna berlangganan untuk POS juga tinggi di kota tier 2-3. Kami mau jaga pertumbuhan di sana karena sekarang pertumbuhannya mencapai dua kali lipat dibanding tier 1. Ini menunjukkan adopsi tech tinggi di sana," pungkas dia.

Saat ini terhitung ada lebih dari 300 penyuplai lokal hingga nasional yang bergabung di Youtap BOS. Adapun jumlah merchant YouTap disebutkan ada lebih dari 500 ribu penguna yang tersebar di 510 kota di Indonesia.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again