1. Startup

PIKKAT dan Avantee Jalin Kerja Sama, Permudah UMKM Ritel Akses Permodalan

PIKKAT adalah penyedia solusi digital untuk UMKM; sementara Avantee merupakan platform p2p lending

PT Pikkat QTA Retail Servisindo (PIKKAT), startup penyedia solusi manajemen ritel terintegrasi untuk UMKM, mengumumkan kerja sama dengan PT. Grha Dana Bersama (Avantee), startup fintech P2P lending.

Kerja sama ini merupakan bagian dari layanan PIKKAT untuk para mitranya yang merupakan pelaku UMKM, seperti warung dan toko, untuk mendapatkan akses permodalan cepat, mudah, dan aman dengan manajemen risiko yang dilakukan secara digital.

PIKKAT didirikan di Jakarta oleh Herman Bg dan Iman Pribadi dengan pengalaman lebih dari 15 tahun di dunia ritel dan jasa keuangan. PIKKAT, singkatan dari "PIlih toko terdeKAT" menawarkan berbagai layanan termasuk sistem POS, pengelolaan persediaan, manajemen pelanggan, strategi pemasaran, dan aksesibilitas pembiayaan. Misinya membantu bisnis UMKM mengelola operasionalnya secara lebih efisien dengan mengintegrasikan berbagai fungsi, mendorong pertumbuhan, dan kemudahan dalam penggunaan.

Iman Pribadi, salah satu pendiri PIKKAT, menjelaskan bahwa berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh sebuah lembaga independen, lebih dari 80% transaksi belanja harian detail Servisindo (PIKKAT), startup penyedia solusi manajemen ritel terintegrasi untuk UMKM, mengumumkan kerja sama dengan PT. Grha Dana Bersama (i Indonesia terjadi di warung atau toko ritel UMKM yang jumlahnya lebih dari 3 juta.

Namun, banyak pemilik warung atau toko ritel tersebut kesulitan mengembangkan bisnis dan keuntungan mereka secara optimal karena kurangnya kompetensi dalam mengelola bisnis ritel, mulai dari kepuasan pelanggan, manajemen produk dan persediaan, efisiensi operasi, hingga dukungan permodalan.

Saat ini, PIKKAT sudah bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk distributor besar, pemerintah daerah, dan institusi pendidikan untuk memperkenalkan solusinya kepada para pelaku UMKM. Solusi POS PIKKAT telah digunakan di Tangerang untuk mendukung program warung digital yang diinisiasi oleh pemerintah kota Tangerang dan Universitas Buddhi Dharma. Kegiatan serupa juga sedang berlangsung di Jakarta, Depok, dan Bandung.

Avantee merupakan mitra bisnis pertama PIKKAT dari industri jasa keuangan yang menyediakan solusi pembiayaan bagi para pelaku warung/toko ritel UMKM. Avantee, yang dipimpin oleh Firman Wiranata dan Minto Liem, menyediakan berbagai produk pinjaman produktif untuk UMKM, seperti invoice financing, PO refinancing, project financing, multipurpose financing, dan Earned Wage Access (EWA) atau Kas Bon.

Saat ini, Avantee telah mengembangkan produk pembiayaan produktif bagi pelaku warung/toko ritel UMKM dan produk Kas Bon untuk pembelian barang kebutuhan sehari-hari bagi karyawan, bekerja sama dengan PIKKAT.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM di Indonesia, memudahkan akses permodalan, dan meningkatkan inklusi keuangan di sektor ritel.

-
Disclosure: Artikel ini diproduksi dengan teknologi AI dan supervisi penulis konten
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again