Categories

Berita

PINS Rencanakan Marketplace Produk Internet of Things

Tahun depan akan meluncurkan portal dan marketplace IoT Indonesia

Prayogo Ryza - 1 November 2016

Perkembangan Internet of Things (IoT) di Indonesia belum terlihat semegah industri e-commerce, tetapi potensinya masih tetap ada. PT PINS Indonesia (PINS), salah satu anak perusahaan Telkom adalah salah satu perusahaan yang mempunyai keyakinan untuk industri e-commerce di tanah air. Salah satu tandanya bisa lihat dari rencana PINS untuk meluncurkan marketplace yang khusus menyediakan produk dan solusi IoT.

Beberapa bulan lalu PINS juga berkomitmen untuk menjadi salah satu pemain utama e-commerce di Indonesia. Mungkin marketplace adalah salah satu cara mereka untuk membangun fondasi bisnis IoT di Indonesia. Kabarnya dalam waktu dekat mereka akan mengumumkan marketplace dan portal komunitas.

“Setelah kita deklarasi sebagai The IoT Company dengan revamp website perusahaan. Sebentar lagi kita akan luncurkan marketplace dan community portal  www.iot-indonesia.co.id,” ujar CEO PINS Prasabri Pesti seperti dikutip dari Indotelko.

Saat ini iot-indonesia.co.id masih dalam pengembangan rencananya marketplace ini baru akan dikenalkan di publik periode 2017. Lebih jauh Prasabri menjelaskan bahwa nantinya marketplace tersebut akan menjadi salah satu saluran utama penjualan bagi PINS untuk menjangkau pelanggannya.

“Kita juga akan menggunakan blanja.com sebagai channel IoT device and solution. Sementara platform pembayaran nantinya mengandalkan anak usaha Telkom lainnya, Finnet dan yang ada di blanja.com,” imbuhnya.

Tampaknya PINS menjadi salah satu senjata utama Telkom untuk memenangkan industri di tanah air. Sejak tahun lalu PINS sudah memperlihatkan geliat aktif membangun fondasi bisnis IoT. Salah satunya adalah menjalin kerja sama dengan Huawei untuk membangun proyek smart city di Bandung.

Di Indonesia sendiri marketplace IoT sudah mulai bermunculan. Salah satu yang menjadi pemain pertama yang mengawalinya adalah Makestro dari Dycodex. Sebuah portal yang tidak hanya disiapkan untuk marketpalce IoT tetapi juga untuk merangsang tumbuhnya ekosistem IoT yang baik melalui informasi tutorial yang membantu para pengembang lokal.

Selain Makestro, pergerakan IoT di Indonesia juga cukup menjanjikan. Beberapa startup telah menyuguhkan layanan berbasis IoT. Beberapa di antaranya adalah Cubeacon, DycodeX, eFishery, Magic, FoxLogger, dan Siramin.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter