4 February 2015

by Glenn Kaonang

Pixie Point Adalah Identitas Digital bagi Objek Fisik Apapun

Fitur ‘Find My iPhone’ atau sejenisnya yang dimiliki oleh smartphone lain sudah terbukti cukup efektif dalam membantu kita menemukan smartphone yang tertinggal di dalam ruang rapat di kantor, misalnya. Tetapi bagaimana dengan benda-benda yang tidak dilengkapi konektivitas seperti smartphone: remote TV, dompet, atau yang paling sering membuat stres, kunci?

Jawabannya adalah penanda Bluetooth, dan ini yang coba ditawarkan oleh Pixie Point. Anggap Pixie Point sebagai pemberi identitas digital bagi hampir semua objek fisik di sekitar Anda. Ia memanfaatkan konektivitas Bluetooth LE (low energy) untuk berkomunikasi dengan smartphone.

Fisik Pixie Point sendiri amat kecil. Tebalnya hanya 3,2 mm dan ukurannya tidak lebih besar dari kotak permen Tic Tac. Tubuh Pixie Point juga tahan air dan dilapisi oleh material pelindung sinar ultraviolet. Pixie Point dilengkapi baterai internal yang dapat bertahan hingga 18 bulan.

 

Info menarik: Dot Bayi Pintar Ini Bisa Memantau Suhu Badan, Dilengkapi Bluetooth dan Alarm

 

Cara kerja Pixie Point sangat sederhana. Anda hanya perlu melekatkannya ke benda-benda yang ingin Anda pantau lokasinya. Anda kemudian dapat menyambungkan masing-masing benda tersebut ke smartphone via aplikasi pendampingnya yang tersedia untuk platform iOS maupun Android.

Semua benda yang telah diberi identitas digital oleh Pixie Point akan ditampilkan oleh aplikasi pendampingnya. Aplikasi Pixie akan memandu Anda di saat Anda perlu mencari benda-benda tersebut.

Lebih menarik lagi, aplikasi Pixie telah dibekali fitur augmented reality. Anda bisa menggunakan kamera smartphone untuk mencari remote TV yang ‘terkubur’ di bawah bantalan sofa, dan aplikasi Pixie akan memberikan penanda ‘X’ tepat pada sasaran.

Contoh kasus lain dari Pixie Point yang bisa saya bayangkan adalah saat parkir di mall: cari lahan parkir, lalu tempelkan Pixie Point ke mobil Anda. Saat kelupaan di mana letak Anda memarkirkan mobil tadinya, Anda hanya perlu membuka aplikasi Pixie, lalu ikuti panduannya.

Pixie Point memiliki jangkauan hingga 45 meter di luar ruangan dan 9–15 meter di dalam ruangan, dengan tingkat akurasi yang mencapai 30 cm. Bagaimana jika benda yang Anda cari sedang berada di luar jangkauan? Jangan khawatir, aplikasi Pixie akan menampilkan lokasi terakhir dari benda tersebut.

 

Info menarik: ‘Tongkat Narsis’ Pernah Dinyatakan Sebagai Aksesoris Tak Berguna?

 

Ada teknologi menarik yang digunakan oleh Pixie Point. Teknologi tersebut dinamai Location of Things (LoT) oleh pihak pengembangnya, dan konsepnya mirip seperti Internet of Things (IoT), dimana sejumlah perangkat yang terhubung ke internet bisa berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Pada prakteknya, masing-masing Pixie Point dapat berkomunikasi satu sama lain, membentuk jaringan tersendiri sehingga dapat memberikan triangulasi yang akurat serta meningkatkan jangkauannya. Sederhananya, Pixie Point dapat membentuk peta digital dari objek-objek di sekitar Anda.

Saat Anda sedang mencari tas laptop yang telah dipasangi Pixie Point, misalnya, aplikasi Pixie akan menampilkan lokasinya beserta keterangan bahwa tas laptop tersebut berada di dekat dompet yang juga telah dipasangi Pixie Point.

 

Info menarik: Peri Duo Case Ialah Jawaban Atas Keterbatasan Performa Audio Smartphone

 

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah, Anda bisa menggunakan aplikasi Pixie untuk mengelompokkan beberapa objek ke dalam sebuah daftar yang ringkas.

Hal ini berguna saat, misalnya, Anda sedang berkemas untuk pergi ke luar kota. Anda bisa membuat daftar barang bawaan yang tidak boleh terlupakan – charger, agenda sampai celana dalam – dan aplikasi Pixie akan memberikan peringatan saat ada barang yang tertinggal.

Pixie Point akan dijual dalam kemasan berisi empat buah Pixie Point dan sebuah gantungan kunci sehingga Anda juga bisa memberikan identitas digital untuk kunci mobil, rumah dan sebagainya. Harga untuk satu kemasannya adalah $40, atau sekitar Rp 500 ribu. Anda bisa melakukan pre-order langsung melalui situs resmi Pixie.

Sumber: Pixie via The Verge.