24 December 2013

by Yoga Wisesa

PlayStation 4 Terjual Dua Kali Lebih Banyak Dibanding Xbox One di eBay

Mengumumkan, kemudian merilis produk baru menjelang libur Natal dan akhir tahun merupakan langkah yang jitu untuk mendapatkan angka penjualan yang optimal. Tetapi yang hampir jarang terjadi adalah jika dua produsen console utama merilis produknya di waktu yang bersamaan - seperti yang terjadi sekarang ini antara Xbox One dan PlayStation 4.

Baik Xbox One dan PlayStation 4 dipesan dan terjual dengan jumlah yang sangat tinggi. Tapi tentu saja tidak semua orang memesan console-console baru itu karena berbagai alasan. Sebuah situs menjadi 'pelarian' alternatif bagi mereka yang belum mencicipi kecanggihan next-gen console. Ia adalah eBay.

Seorang analis senior dari firma Baird Research bernama Colin Sebastian mengeluarkan sebuah data bahwa platform-platform baru ini terjual lebih dari 100.000 unit via situs pelelang online tersebut. Dan kira-kira dua pertiga dari jumlah itu adalah Sony PlayStation 4. Sebastian menuliskan info tersebut di laman Twitter miliknya, "Hingga kini sekitar 64.000 PS4 dan 33.000 Xbox One terjual di eBay."

 

Info menarik: Alasan Mengapa Xbox One Lebih Mahal Dari PlayStation 4

 

Perbedaan ini bisa jadi disebabkan karena permintaan yang tinggi akan PlayStation 4. Banyak gamer berpikir bahwa penawaran Sony lebih menarik dibandingkan rivalnya itu, atau juga stok PS4 lebih terbatas. Kita tahu semakin terbatas jumalah suatu produk, ia akan terlihat semakin 'eksklusif', dan secara logika itu berarti permintaan juga akan bertambah.

Jika dihitung di pasar global dalam periode seminggu sebelum Natal, konsumen lebih sering melihat Xbox One terpampang di butik-butik consumer electronics dibanding PlayStation 4. Minggu lalu saja di Amerika dan Eropa, stok PlayStation 4 hanya tersedia dalam satu hari selama seminggu, sedangkan Xbox One tersedia tiap hari.

Tapi tentu saja jika dibandingkan dengan keuntungan yang telah dikumpulkan baik Sony dan Microsoft - sejauh ini ditotal sebesar US$ 50 juta, penjualan di eBay ini tidak banyak mempengaruhi 'brangkas uang' yang dimiliki kedua perusahaan.

 

Info menarik: Akhirnya Sony Mengkonfirmasi Harga PlayStation 4 di Indonesia

 

Uniknya keadaan yang bertolak belakang terjadi di Indonesia. Bagi kita, PlayStation 4-lah yang lebih mudah diraih karena Sony sendiri telah mengumumkan ketersediaan console tersebut dan kejelasan tentang harganya. Sedangkan Microsoft sama sekali belum mengumumkan nasib Xbox One di pasar Asia. Perkiraan terparah adalah Xbox One baru akan muncul di Indonesia pada kuartal tiga 2014...

Via The Escapist Magazine.