1. Lifestyle

'Perang' Console Terus Berlanjut, Microsoft Xbox One Terjual Lebih Dari 2 Juta Unit

Rekor penjualan console tertinggi juga tampaknya juga diraih oleh Microsoft dengan merilis platform game terbaru mereka. Setelah 20 hari perilisan Xbox One di pasar yang cukup terbatas - hanya di 13 negara - Microsoft mengumumkan bahwa console mereka ini telah terjual lebih dari 2 juta unit.

Dengan dirilisnya angka ini kita sudah pasti akan membandingkannya dengan penjualan PlayStation 4. Bagaimana tidak, Microsoft Xbox One juga berhasil menyaingi penjualan PS4 di 24 jam pertama dan terus 'menyusul' rival terbesarnya itu.

Kita harus ingat bahwa walaupun jumlah itu cukup tipis, 2,1 juta unit PlayStation 4 yang laris manis tersebut baru merupakan jumlah penjualan di Amerika Serikat saja dan belum termasuk negara-negara Asia dan Afrika seperti Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Indonesia, India dan Jepang.

Analis memang telah memperkirakan sebelumnya bahwa penjualan PlayStation 4 akan lebih tinggi dibandingkan Xbox One. Alasannya tentu saja bukan karena console Sony tersebut lebih hebat dibandingkan milik Microsoft, namun karena target pasar dan strategi masing-masing perusahaan yang berbeda.

Sony berkonsentrasi pada platform utama agar bagian hardware dan software-nya memenuhi tuntutan gamer untuk dapat menangani game-game teranyar. Konsentrasi Microsoft lebih luas, bukan hanya platform utama, perusahaan ini juga berinvestasi dengan banyak biaya dan tenaga untuk mengembangkan lebih jauh kemampuan Kinect mereka. Jika PS4 lebih menarik hati para gamerhardcore, maka para gamer 'matang' yang telah memiliki keluarga mungkin akan lebih tertarik dengan Xbox One.

Sekali lagi, dengan arsitektur hardware yang serupa, kesuksesan tiap console bukan bergantung dari seberapa banyak mereka terjual: tetapi seberapa banyak game yang dibeli konsumen dalam era multi-platform ini. Contoh kecilnya adalah jika sebuah game dirilis untuk PS4 dan Xbox One, Microsoft baru boleh berbangga hati jika penjualan game tersebut lebih banyak terjual versi Xbox One-nya dibandingkan platform lain.

Selain jumlah penjualan, Microsoft juga merilis data menarik bahwa konsumen Xbox One telah menghabiskan 83 juta jam untuk bermain game, menonton TV dan menggunakan app. Para gamer telah membuka 39 juta achievement dan mencetak 595 juta Gamerscore.

Ke-13 negara yang mendapatkan Xbox One pada hari peluncurannya adalah Australia, Austria, Brazil, Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Itali, Meksiko, Selandia Baru, Spanyol, Inggris Raya dan Amerika Serikat. Belum ada kejelasan soal kapan Xbox One akan dirilis di Indonesia.

Via IGN. Sumber gambar: DigitalTrends.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again