31 March 2015

by Glenn Kaonang

Port USB Laptop Terbatas? InfiniteUSB Siap Melipatgandakannya

Tahun tambah tahun, laptop terus bertambah tipis. Tren ini memang membawa berkah bagi kita sebagai konsumen; laptop generasi teranyar tidak cuma lebih ringkas, tetapi juga berbobot lebih ringan, meningkatkan portabilitasnya secara menyeluruh.

Pun demikian, tren ini juga membawa dampak negatif, yakni semakin berkurangnya jumlah port USB yang tersematkan pada laptop. Lihat saja Apple MacBook Air dan Dell XPS 13, yang cuma mempunyai dua port USB. Belum lagi MacBook generasi terbaru yang cuma dibekali satu port USB Type-C.

Semuanya kembali pada perkembangan teknologi nirkabel, dimana semua kini mengandalkan Bluetooth atau Wi-Fi. Mulai dari mouse, keyboard, speaker, headphone sampai proses backup data kini tidak lagi memerlukan kabel USB.

Tapi bagaimana jika kita tiba pada saat-saat tertentu, dimana peran port USB amat krusial? Misalnya, saat tak ada akses internet dan kita ingin membuat backup data smartphone di laptop, atau saat kita perlu menancapkan lebih dari dua USB flash drive sekaligus.

Info menarik: K’isauve Adalah Kabel USB, Data Sync dan Charger Mini untuk Smartphone Anda

Maka datanglah InfiniteUSB, sebuah proyek crowdfunding yang ingin menawarkan solusi atas semakin terbatasnya port USB di sekitar kita. Sesuai namanya, InfiniteUSB secara teori dapat menyediakan port USB tanpa batas bagi kita.

InfiniteUSB merupakan kombinasi antara colokan dan port USB. Ia bisa Anda tancapkan ke port USB milik laptop seperti biasa, kemudian Anda bisa menancapkan kabel lain di belakangnya, dan terus menyambung membentuk rantai USB hanya dari satu port saja.

Selama ini kita memang bisa memanfaatkan USB hub untuk mengatasi keterbatasan port. Namun cara ini masih dirasa kurang praktis, dimana Anda harus membawa USB hub tersebut bersama kabel-kabel milik perangkat. Dengan InfiniteUSB, yang Anda perlukan hanyalah kabel-kabel tersebut.

Ada tiga varian InfiniteUSB yang ditawarkan: microUSB, Lightning untuk perangkat iOS, dan female USB. Masing-masing memiliki panjang kabel 20 cm, dan kedua sisinya telah dilengkapi magnet sehingga Anda bisa melipatnya dengan mudah untuk dibawa-bawa.

Info menarik: Google Konfirmasi Smartphone Android Bakal Dilengkapi Konektor USB Type-C

Dari segi teknis, saya melihat idealnya Anda hanya menggunakan 2 - 3 kabel InfiniteUSB pada satu port milik laptop. Mengapa? Karena arus listrik yang dialirkan akan terbagi, dan ini tidak disarankan jika Anda hendak menyambungkan perangkat yang butuh daya cukup besar, hard disk eksternal misalnya.

Untuk perangkat lain seperti smartphone, keyboard atau mouse, saya kira mereka bisa diatasi oleh satu port USB saja, meski tentunya pengisian baterai smartphone akan berlangsung lebih lama dari biasanya.

Bagi yang tertarik, Anda bisa melakukan pre-order di laman Kickstarter InfiniteUSB senilai $10 untuk satu varian kabel (microUSB, Lightning atau female). Tersedia pula pledge $50 untuk lima kabel InfiniteUSB dalam berbagai varian dan warna.