5 February 2015

by Glenn Kaonang

Prosesor Terbaru ARM Cortex-A72 3,5 Kali Lebih Cepat dari Cortex-A15

Kita memang belum lama menjalani tahun 2015, akan tetapi ARM, perusahaan pengembang prosesor reference untuk perangkat mobile, telah mengumumkan kehadiran prosesor terbarunya, yang rencananya siap dimanfaatkan oleh produsen prosesor mobile kelas mainstream seperti Qualcomm di tahun 2016.

Dinamai Cortex-A72, prosesor ini merupakan penerus dari Cortex A–57 yang siap meluncur tahun ini. Peningkatan performa yang ditawarkan ARM Cortex-A72 mencapai 3,5 kali lebih besar jika dibandingkan dengan Cortex-A15 yang dirilis di tahun 2014, akan tetapi konsumsi dayanya lebih rendah 75% berkat proses fabrikasi 16 nm – semakin kecil angka ini, semakin efisien kinerja prosesor.

Peningkatan performa ini memungkinkan perangkat mobile, khususnya smartphone, yang ditenagai prosesor Cortex-A72 untuk bisa merekam video 4K dalam kecepatan yang amat tinggi, yakni 120 frame per detik. Sebagai pembanding, smartphone keluaran tahun 2014 yang ditenagai prosesor Cortex A–15 dan dilengkapi fungsi perekaman video 4K hanya bisa merekamnya dalam kecepatan 30 fps.

Dibandingkan dengan prosesor milik smartphone terunggul lima tahun lalu, kinerja Cortex-A72 50 kali lebih cepat. Cukup mencengangkan kemajuan yang berhasil dicapai hanya dalam waktu lima tahun.

 

Info menarik: Tak Terpengaruh Gosip “Panas”, Xiaomi Mi Note Pro Tetap Gunakan Snapdragon 810

 

Performa tinggi ARM Cortex-A72 juga didukung oleh unit pengolah grafis baru (GPU), Mali-T880. GPU ini menggunakan daya 40% lebih kecil ketimbang Mali-T760 yang dirilis di tahun 2013, namun performanya meningkat hingga 1,8 kali lipat.

Namun kita tidak bisa terlalu cepat kegirangan. ARM Cortex-A72 baru akan mengawali debutnya tahun depan, dan semuanya bergantung pada produsen-produsen prosesor mobile, seperti Qualcomm, MediaTek atau Intel, untuk bisa mengemasnya hingga siap ditanamkan ke dalam perangkat mobile.

Untuk tahun ini, kita bisa mengamati lebih dulu perkembangan Cortex-A57. Bagi yang sudah lupa atau belum tahu, prosesor reference Cortex-A57 ini sudah diulik oleh Qualcomm menjadi Snapdragon 810, yang kabarnya akan dipakai oleh HTC One M9 maupun Xiaomi Mi Note Pro.

Jadi, bagaimana Qualcomm? Apakah kalian sudah membentuk tim untuk merancang prosesor Snapdragon 820 yang menggunakan desain reference dari ARM Cortex-A72? Semoga jawabannya sudah, dan tahun depan kita akan disuguhi seabrek smartphone yang siap merekam video 4K 120 fps.

Sumber: ARM via Engadget. Gambar header: ARM Connected Community.