Categories

Interview

Seekmi Lanjutkan Rencana Ekspansi, Luncurkan Layanan Disinfeksi

Telah memiliki 20 ribu mitra tenaga kerja, berencana melakukan penggalangan dana

Yenny Yusra - 17 April 2020

Didirikan pada tahun 2015, saat ini Seekmi telah memiliki sekitar 20 ribu lebih tenaga kerja yang terdiri dari tukang, jasa kebersihan, dan teknisi yang terlatih dan bersertifikat. Beberapa jasa yang dihadirkan di antaranya pemasangan AC, pipa ledeng, alat rumah tangga, kebersihan, dan layanan penatu.

Memasuki tahun 2020, Seekmi mengklaim telah mengalami pertumbuhan yang positif dan masih konsisten menyediakan layanan jasa dan tukang untuk masyarakat di Indonesia. Kepada DailySocial CEO Seekmi Clarissa Leung mengungkapkan, saat ini perusahaannya telah meluncurkan layanan tambahan seperti jasa tukang perakitan dan perbaikan furnitur, juga layanan disinfeksi.

“Kami juga telah memperluas layanan ke 8 kota lain di Indonesia dalam waktu 12 bulan terakhir, dan telah sangat meningkatkan algoritma pencocokan untuk memastikan bahwa teknisi terbaik dan terdekat yang akan mendapatkan pesanan. Secara keseluruhan kami telah mencapai tingkat kualitas dan kecepatan layanan,” kata Clarissa.

Disinggung layanan apa yang makin diminati oleh pelanggan, Clarissa menyebutkan instalasi dan jasa pembersihan saat ini makin meningkat permintaannya. Jumlah tersebut bahkan mulai mengalahkan layanan yang paling banyak dipilih oleh pelanggan Seekmi yaitu jasa pemasangan AC.

“Seiring terus tumbuhnya bisnis kami, layanan instalasi dan pembersihan menjadi semakin populer dan sekarang mulai menyaingi layanan pemasangan AC yang sebelumnya paling diminati,” kata Clarissa.

Tahun 2020 ini ada beberapa target yang ingin dicapai perusahaan, di antaranya adalah melakukan ekspansi ke beberapa kota di pulau Jawa dan memberikan kualitas layanan terbaik untuk kalangan individu dan bisnis di Indonesia.

Meskipun pertumbuhan terhambat dengan penyebaran Covid-19, tidak menjadikan rencana ekspansi tersebut ditunda, dan Seekmi masih berharap target tersebut bisa dicapai. Untuk mempercepat pertumbuhan bisnis, Seekmi juga memiliki rencana untuk melakukan penggalangan dana.

Luncurkan layanan jasa disinfeksi

Salah satu yang baru saja diluncurkan adalah layanan penyemprotan disinfeksi. Layanan ini sengaja diluncurkan menanggapi makin masifnya penyebaran Covid-19 di Indonesia. Meskipun masih tersedia terbatas di Jabodetabek saja, namun bagi pengguna yang ingin melakukan penyemprotan disinfeksi, bisa mengakses aplikasi Seekmi.

Menggunakan bahan kimia cair bermutu tinggi dan dukungan teknisi profesional, Seekmi melayani jasa penyemprotan rumah, kantor, dan gedung bangunan. Bahan kimia yang digunakan oleh Seekmi untuk layanan desinfeksi, diklaim tidak meninggalkan bau sisa dan aman untuk manusia, hewan, dan tanaman dan bisa efektif mematikan virus hingga 99%. Untuk harga yang ditawarkan oleh Seekmi untuk layanan ini sekitar Rp.6.800 per meter persegi.

“Wabah pandemi saat ini merupakan tantangan yang berkelanjutan untuk seluruh perekonomian termasuk Seekmi. Kami telah membuat keputusan strategis untuk memfokuskan upaya kami dalam membantu pemulihan rumah tangga yang terkena dampak, bisnis dan vendor melalui layanan kami,” kata Clarissa.

Bersama dengan Habitat for Humanity, yang merupakan organisasi nirlaba, Seekmi mengumpulkan dana untuk memasok kebutuhan dokter dan perawat di rumah tinggal sementara. Selain itu Seekmi yang ditangani langsung oleh para profesional, juga melakukan penyemprotan disinfeksi di rumah tinggal tersebut untuk memastikan bersih dari Covid-19.

“Melalui proyek kami dengan Habitat for Humanity dan inisiatif lainnya, kami sangat percaya bahwa setiap orang harus bersatu agar Indonesia dapat pulih dari krisis kemanusiaan dan ekonomi,” kata Clarissa.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter