Categories

Gadget

Robot Buddy Siap Menggantikan Babysitter Anda

Yoga Wisesa - 8 July 2015

Untuk bidang industri dan manufaktur skala besar, penggunaan robot ialah salah satu faktor esensial. Hasil kerjanya akurat, dan sanggup mengerjakan tugas berkali-kali tanpa pernah merasa bosan. Tapi upaya agar robot dapat berkomunikasi dengan orang secara natural dan manusiawi merupakan aspek yang masih terus menjadi pekerjaan rumah para ilmuwan.

Kita sudah melihat kelahiran robot musisi, robot asisten di rumah, sampai robot yang mahir bercakap-cakap dua arah. Kali ini tim Blue Frog Robotics memperkenalkan Buddy, dideskripsikan sebagai sebuah robot sosial pertama berkemampuan menghibur, berinteraksi bahkan melindungi anggota keluarga Anda. Dan seperti Jibo, Buddy juga akan membantu mendekatkan kita pada orang-orang tersayang.

Penampilan Buddy mengingatkan kita pada robot lucu di anime. Tubuhnya terbagi dua segmen, kepala dan badan. Sistem pergerakan mengusung tiga roda, dan terdapat layar di kepalanya. Display tersebut sangat unik karena berfungsi menampilkan wajah, bisa berubah sewaktu-waktu dalam kesempatan berbeda. Di sisi estetika, aspek inilah yang memudahkannya akrab dengan manusia.

Info menarik: MegaBot II Asal Amerika Tantang Kuratas Dalam Duel Robot Raksasa

Secara umum, Buddy adalah asisten pribadi yang akan mengingatkan tugas dan jadwal penting di agenda Anda. Ketika lagi repot memasak, ia memudahkan kita mencari resep, atau meneruskan panggilan telepon. Buddy bahkan bisa mengawasi serta berpatroli di rumah, lalu segera memberi notifikasi saat mendeteksi kejadian di luar kebiasaan. Denganya, sangat mungkin bagi kita mengakses thermostat, atau menyuruhnya jadi fotografer (atau videographer) dadakan dalam acara-acara khusus semisal pesta ulang tahun

Kecanggihan Buddy tidak berhenti sampai di sana: ia sanggup menggantikan peran babysitter karena selain menemani, si kecil dapat bermain sembari belajar. Jenis permainan itu terdiri dari petak umpet sederhana, pelajaran mengeja interaktif, mendongeng, hingga pengenalan programming. Kemudian via layar dan speaker Buddy, si buyung bisa menikmati film dan musik.

Buddy dijanjikan mampu berkomunikasi dengan luwes, dibantu 'isyarat' gerakan kepala. Ia memetakan rumah dalam bidang 3D, dengan pintar menavigasi dan menghindari halangan. Sang robot imut tersebut bisa mengenali anggota keluarga berbeda dari suara serta wajah mereka. Terhubung ke mobile device, Buddy akan membangunkan Anda di pagi hari dan menyambut sewaktu tiba di rumah.

Proyek Buddy sedang berada di periode pengumpulan dana di Indie Gogo. Di situs crowdfunding itu, ia ditawarkan seharga cuma US$ 550, rencananya siap didistribusi bulan Mei 2016 nanti.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter