30 April 2015

by Glenn Kaonang

Rubix On, Wireless Charger Berbekal Magnet untuk iPhone 6

Wireless charging perlahan menjadi atribut penting bagi suatu perangkat mobile. Dalam dua tahun terakhir ini, jumlah perangkat mobile yang mendukung fitur wireless charging semakin banyak, dan tren ini tampaknya mendulang banyak respon positif dari konsumen.

Di saat yang sama, Apple seakan tidak peduli dengan permintaan konsumen. iPhone generasi terbaru, yaitu iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, masih belum mendukung teknologi Qi wireless charging.

Untuk mengatasi problem daya tahan baterai, sebagian pengguna iPhone 6 memilih menggunakan battery case, sedangkan sebagian lainnya lebih sreg dengan power bank tradisional. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, namun mengapa kita tidak menggabungkan kelebihan keduanya menjadi satu set aksesori yang menarik?

Mungkin seperti itu alasan di balik lahirnya Rubix On. Tim pengembangnya sempat sukses di Kickstarter lewat produk pertamanya, dan kini mereka kembali membesuk situs crowdfunding tersebut guna merealisasikan produk keduanya.

Info menarik: Wi-Charge Adalah Wireless Charger Berbasis Infra Merah yang Tak Memerlukan Kontak Fisik

Rubix On terdiri dari dua produk yang berbeda: On Case dan On Charger. On Case, sesuai namanya, merupakan pelindung untuk iPhone 6 Anda – versi iPhone 6 Plus dan smartphone lainnya akan menyusul. Yang membedakan, di bagian belakangnya terdapat sebuah cincin magnet berisikan receiver.

Produk kedua, On Charger, sederhananya merupakan sebuah power bank berkapasitas 5.000 mAh. Namun yang sedikit berbeda, tampak sebuah cincin magnet berisikan komponen transmitter Qi wireless charging pada bagian atasnya.

Prinsipnya memang sederhana, namun cukup efektif guna memberikan solusi wireless charging pada pengguna iPhone 6 di mana pun mereka berada; tempelkan keduanya dengan bantuan magnet, maka charging akan segera berlangsung tanpa memerlukan kabel.

Berkat penggunaan magnet, iPhone 6 Anda masih bisa digunakan dengan mudah meski sedang di-charge. On Case dan On Charger akan terus menempel sehingga keduanya juga bisa merangkap tugas docking station, namun secara portabel.

Info menarik: Ampere, Power Bank Plus Wireless Charger Jadi Satu

Tentunya On Charger juga kompatibel dengan handset lain yang telah mendukung teknologi Qi wireless charging. Saat kapasitasnya menipis, Anda bisa mengisinya kembali menggunakan kabel microUSB biasa seperti power bank pada umumnya.

Yang menarik, saat On Charger sedang di-charge, Anda tetap bisa menempelkan On Case untuk mengisi ulang baterai iPhone 6 Anda. Lakukan ini di malam hari, maka pagi harinya Anda akan mendapati On Charger dan iPhone 6 Anda dalam kondisi baterai penuh, siap dibawa ke tempat bekerja.

Lebih menarik lagi, jika Anda mempunyai beberapa On Charger, Anda bisa menumpuknya satu per satu, lalu mengisi ulang semuanya hanya melalui satu colokan listrik saja. Ini semua berkat kecanggihan magnet, bukan sihir.

Rubix On saat ini sudah bisa dipesan melalui laman Kickstarter-nya. On Charger dan On Case dijual terpisah, tetapi Anda bisa mendapatkannya dalam satu paket senilai $99 di masa kampanye ini – harga ritelnya akan naik $50.

Sumber: Kickstarter via Digital Trends.