Categories

Berita

Tingkatkan Daya Saing, Rumah123 Renovasi Fitur Mesin Pencari

Avi Tejo Bhaskoro - 13 October 2014

Persaingan industri properti yang kian ketat dewasa ini, mau tak mau membuat para pelaku industri di dalamnya untuk terus berbenah diri demi mampu mengejar permintaan pasar. Tak terkecuali bagi situs online listing properti lokal Rumah123. Belum lama ini, situs yang dimiliki oleh jaringan situs properti iProperty Group itu baru saja meluncurkan fitur search engine result page (SERP) terbaru yang diandalkannya untuk memudahkan jutaan pengunjungnya tiap bulan dalam mencari properti.

Peluncuran fitur baru ini bukan tanpa sebab. Selain karena ingin memajukan daya saingnya terhadap banyak kompetitor serupa, tampilan SERP terbaru ini didasari dari riset terpadu yang dilakukan oleh tim Rumah123 dan iProperty Group beberapa waktu belakangan yang menyadari bahwa, tampilan antarmuka yang memudahkan menjadi kunci minat pengguna dalam memanfaatkan layanan online listing sebagai referensinya mencari properti. Tak ayal, SERP terbaru ini diluncurkan.

Sebagai jawaban atas kebutuhan pengguna tersebut, SERP terbaru ini mengusung form pencarian yang lebih mudah diakses dan ramah penggunaan untuk akses mobile. Rumah123 sendiri mengklaim, pertumbuhannya di ranah mobile pada kuartal ke-empat 2014 ini meningkat hingga 20% dibanding dengan kuartal sebelumnya.

“Setiap inovasi yang kami lakukan adalah bentuk investasi jangka panjang yang menjadi jawaban mengapa kami menjadi situs properti nomor satu, peluncuran SERP terbaru ini adalah salah satu milestone Rumah123.com untuk maju melesat meninggalkan kompetitor kami,” tutur Mario Gaw, General Manager Rumah123 yang dikutip dari siaran pers.

Sistem SERP terbaru Rumah123 ini cukup banyak mengusung perubahan signifikan, mulai dari jumlah kolom yang disederhanakan, tampilan yang diperbarui, hingga fungsinya yang hanya digunakan untuk transaksi dan pencarian lokasi. Sebagai pendukung, fungsi filter pencarian juga tak ketinggalan demi menyempurnakan pengalaman pengguna.

Rumah123 mengklaim saat ini layanannya terus bertumbuh mengungguli pesaingnya. Dari rilis yang diberikan, pada akhir kuartal ketiga kemarin, saat ini Rumah123 telah memiliki lebih dari 300.000 listing terdaftar. Mereka meyakini daftar listing yang dimiliki olehnya 20% lebih banyak ketimbang kompetitor lain.

Di ranah online, bak jamur di musim hujan, persaingan pasar properti sendiri sangat menarik dengan diisi oleh banyak pemain yang kerap bermunculan, baik dari pemain lokal hingga skala global. Pemain kuat seperti Rumah.com, Lamudi, dan beberapa dari startup lokal seperti MataRuma, UrbanIndo, RumahRumah, dan lain sebagainya punya keunggulan masing-masing yang mungkin bisa menghadang Rumah123 kapan saja. Sebagai catatan, pemain global yakni Lamudi saat ini juga terus bertumbuh dengan sangat cepat, untuk itu kami pun tak sabar ingin melihat seperti apa peta persaingan pasar properti online di tahun 2015 nanti.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter