23 March 2015

by Bambang Winarso

Rumor Smartphone Murah Terbaru Xiaomi Kembali Memanas

Xiaomi memang sudah membuktikan kehebatannya dalam memproduksi smartphone murah dengan spesifikasi yang tidak murahan. Kali ini perusahaan asal Tiongkok tersebut kembali dikabarkan sedang sibuk di dapur kerja untuk merakit smartphone entry-level terbaru yang kabarnya ditawarkan dengan harga yang murah pula.

Jika smartphone murah terakhir yakni Xiaomi Redmi 2 dibanderol seharga $110, smartphone terbaru ini akan dibanderol jauh lebih murah, hanya $65.

Smartphone yang dimaksud mengusung layar sentuh 4,7 inci dengan resolusi 720p, dengan desain yang konon akan mirip dengan lini produk Xiaomi sebelumnya, Redmi 2. Selain itu, komponen RAM yang akan dibenamkan pada smartphone ini memiliki kapasitas 1GB plus memori internal 8GB dan tambahan slot microSD.

Jika Anda beranggapan bahwa smartphone murah terbaru Xiaomi ini berlabel โ€œkacanganโ€, tahan dulu! Karena selain komponen-komponen yang sudah disebutkan tadi, terdapat pula dual kamera, kamera utama 8MP dan kamera selfie 2MP dengan Android 4.4.4 KitKat sebagai sistem operasi pilihan.

Info Menarik:Fitur Baru Browser Opera Coast ini Bisa Membuat Proses Menonton Video Jadi Lebih Menyenangkan

Namun, ada hal yang sedikit berbeda pada smartphone ini. Jika Xiaomi memilih menggunakan chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 410 untuk Redmi 2, di smartphone ini Xiaomi sangat mungkin akan menggunakan chipset LC1860C, chipset besutan Leadcore Technology, produsen prosesor sekota yang didanai oleh Xiaomi sendiri.

Berikutnya, perangkat juga dibekali pengolah grafis Mali T628 dan dukungan teknologi 4G LTE Cat.4 sebagai penyokong kecepatan data internet.

Dibandingkan rumor sebelumnya, detail di rumor terbaru ini sedikit lebih lengkap. Namun tentunya belum dapat mengungkap misteri sebenarnya.

Di kampung halamannya, Tiongkok, smartphone ini diyakini akan dilepas seharga CNY399 atau setara $65. Benar-benar sangat murah, bukan? Namun, beberapa pihak pesimis harga tersebut benar-benar akan diterapkan. Sebagian memprediksi harga perangkat akan berkisar antara $65 sampai dengan $110, didasarkan pada pernyataan CEO Lei Jun baru-baru ini yang mengkonfirmasi tidak berencana merilis smartphone dengan harga di bawah $64.

Sumber berita GSMArena dan gambar header ilustrasi Redmi 2.