Categories

Gadget

Resmi Sudah, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge

Di sisi desain, keduanya tak banyak berubah dari pendahulunya, tapi tiba dengan sejumlah fitur dan kemampuan baru

Bambang Winarso - 22 February 2016

Resmi sudah, Samsung akhirnya buka-bukaan soal jagoan barunya Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge dalam event Samsung Unpacked kemarin (21/2) waktu setempat, tepat jelang perhelatan Mobile World Congress 2016 di Barcelona, Spanyol.

Jika Anda selama ini mengikuti perkembangan entah itu rumor atau bocoran seputar keduanya, tentu sedikit banyak sudah mempunyai pandangan bakal seperti apa spesifikasi resmi keduanya. Dan yap, banyak rumor yang berhembus sebelum ini tepat mengenai sasaran. Betul, bahwa Galaxy S7 dan saudaranya tidak banyak berbeda dengan dua seri terdahulu, Galaxy S6, tetapi keduanya tetap mempunyai sesuatu yang berbeda.

Layar

Di sektor layar, Samsung Galaxy S7 menawarkan lebar hanya 5,1 inci dengan balutan metal dan polesan kaca di bagian luarnya. Sementara itu, Galaxy S7 Edge lebih lebar dari pendahulu dan juga sang adik berkat layar selebar 5,5 inci. Kendati berbeda, keduanya sama-sama menggunakan layar Super AMOLED dengan resolusi 2560 x 1440 piksel atau quad HD. Kepadatan piksel masing-masing ada di 577ppi dan 534ppi.

Performa

Sejalan dengan LG G5, duo Samsung Galaxy S7 juga menawarkan performa apik dari chipset Qualcomm Snapdragon 820, namun Samsung punya opsi lain yang ditenagai chipset buatannya sendiri, Exynos 8890. RAM yang diusung masih 4GB, sementara memori internal ditawarkan tersedia dalam dua pilihan, 32GB dan 64GB. Kabar baiknya, Samsung menyematkan slot microSD yang bisa menampung tambahan memori hingga 200GB.

Kamera

Kedua smartphone sama-sama dipersenjatai kamera 12MP di belakang, resolusi ini lebih rendah dari pendahulunya, tetapi jangan terkecoh oleh angka. Pasalnya, kamera di generasi Galaxy S7 dibangun dengan hardware yang lebih baik, di antaranya aperture f/1.7, ukuran pixel yang lebih lebar 1.4um, teknologi Dual Pixel dan dukungan 100% phase detection. Jangan lupakan pula fitur OIS yang tersedia secara default, belum lagi fitur Motion Panorama yang bakal menghasilkan foto selfie berkualitas sangat baik.

Software

Perihal piranti lunak, Anda boleh berharap duo Galaxy S7 bakal punya interface lebih rapi dan enak dipandang, di mana UI TouchWiz yang disematkan telah mengusung basis sistem operasi Android Marshmallow. Artinya, di sana akan ada segala fitur unggulan OS tersebut. Tak cukup sampai di situ, Samsung juga membenamkan fitur Always On yang bakal menghadirkan fungsionalitas layar baru di kedua perangkat. Lebih hemat dan efisien.

Baterai

Perbedaan layar mengindikasikan perbedaan baterai, itu sudah biasa. Samsung Galaxy S7 mendapatkan dukungan dari baterai berkapasitas 3.000mAh, sementara varian Edge berkapasitas lebih besar, yakni 3.600mAh.

Dan seperti yang digosipkan sebelumnya, Samsung memastikan kedua punggawanya ini tahan terhadap segala macam cuaca dengan menyertakan rating IP68 yang membuat keduanya tahan terhadap air. Di dalamnya terdapat pula fitur-fitur pelengkap seperti GPS, Bluetooth, NFC,WiFi dan tentu saja 4G LTE.

Sayangnya belum ada informasi resmi terkait harga dan tanggal rilisnya, tetapi jika tak ada aral merintang seharusnya Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge bakal tersedia dalam waktu dekat ini.

https://www.youtube.com/watch?v=cyohHyQl-kc

Sumber berita Samsung 1 dan Samsung 2.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter