14 March 2016

by Bambang Winarso

Mejeng di Jerman, Samsung Galaxy Tab A 2016 Tetap Tampil Ramping

Samsung Galaxy Tab A mengemas layar 7 inci, dua kamera 5MP dan 2MP

Setelah diramaikan oleh rumor dan bocoran, tablet 7 inci Samsung Galaxy Tab A versi 2016 akhirnya resmi menampakkan diri. Mengemas tampilan yang tak banyak berubah, Galaxy Tab A 2016 mejeng di situs resmi Samsung Jerman, lengkap dengan detail spesifikasi dan juga informasi berapa banderol yang ditawarkan ke konsumen di sana oleh para retaileronline.

Tampil seperti pendahulunya dengan layar 7 inci, Galaxy Tab A 2016 masih mempertahankan kerampingan body-nya di 8,7mm. Layar ini mempunyai resolusi WXGA atau 1280 x 800 piksel berbalutkan teknologi TFT.

Menyelinap lebih ke dalam, kita akan disuguhkan pada sederet komponen seperti prosesor quad-core berkecepatan 1,3GHz bersama RAM 1,5GB. Tak jauh dari sana terdapat memori internal seluas 8GB yang untungnya bisa diperluas hingga 200GB dengan tambahan microSD.

Kabar baiknya, Samsung membekali tablet dengan komponen baterai 4.000mAh yang bakal memberikan pasokan daya hingga 9 jam untuk memutar video dan 100 jam untuk mendengarkan musik tanpa henti. Lalu di bagian mata, ada dua mata kamera di belakang dan di depan yang menawarkan modul sensor auto-focus 5MP dan 2MP.

Dipoles oleh Android 5.1 Lollipop, tablet menawarkan beberapa alternatif koneksi, antara lain WiFi, Bluetooth 4.0 dan GPS.

Sebelumnya tablet diyakini bakal hadir dalam dua varian, WiFi dan LTE. Tapi di kemunculan perdana ini, tampaknya varian WiFi baru hadir seorang diri. Kemungkinan besar varian LTE juga bakal menyusul dalam waktu dekat. Sementara perihal harga, Samsung Galaxy Tab A 2016 ditawarkan di kisaran €169 atau setara dengan Rp 2,5 juta-an. Bila ia benar-benar hadir di Indonesia, kemungkinan akan lebih mahal dari harga ini.

Sumber berita Samsung.