Dark
Light

Samsung Siapkan Smartwatch yang Mampu Beroperasi Sendiri Plus Kartu SIM

1 min read
May 24, 2014

Setelah meluncurkan 4 perangkat smartwatch dengan berbagai macam keunikan, Samsung dikabarkan siap untuk merilis smartwatch terbaru yang mampu beropersi sendiri.

Seperti yang dikutip dari The Wall Street Journal, menurut orang yang tahu akan perkembangan ini, perusahaan asal Korea itu sedang mempersiapkan smartwatch yang bisa beroperasi sendiri tanpa dukungan smartphone dan dilengkapi dengan kartu SIM sebagai modal komunikasi.

Jika apa yang ditulis benar adanya, maka hal ini akan jadi rilis kelima Samsung di ranah wearable device. Seperti Trenogoers ketahui saat ini Samsung sudah memiliki 4 model smartwatch di katalog produk mereka mulai Samsung Galaxy Gear, Gear 2, Gear 2 Neo hingga Gear Fit yang kesemuanya memiliki karakter yang berbeda namun fungsi-fungsi di dalamnya masih tergantung pada dukungan smartphone.

Dikutip dari Cnet, smartwatch baru garapan Samsung ini nantinya memiliki kemampuan yang berbeda, yang paling besar kemampuan untuk beroperasi penuh tanpa dukungan smartphone.

Dengan begitu nantinya perangkat ini dapat mengerjakan tugas-tugas sepenuhnya dengan kemampuan sendiri sesuai dengan teknologi yang tertanam di dalamnya. Bekal kartu SIM menjadi terobosan lain yang akan merubah smartwatch menjadi alternatif komunikasi selain smartphone.

 

Info Menarik: Sepatu Magnet Ini Bisa Mengubah Anda Menjadi Spider-Man atau Magneto

 

Sumber yang sama juga meyakini smartwatch baru Samsung ini akan mengadopsi rancangan fisik dan piranti lunak yang dimiliki Gear 2 dan Gear 2 Neo. Di dalamnya akan tertanam kamera dan sensor pemantau detak jantung dan tentunya menggunakan sistem operasi Tizen plus ketahanan terhadap air dan debu.

Terobosan baru Samsung ini merupakan manuver yang menarik, meski bukan yang pertama. Beberapa brand elektronik terkenal sudah ikut serta dalam ranah smartphone tapi masing-masing masih membutuhkan smartphone untuk fitur yang maksimal. Untuk smartwatch yang berdiri sendiri membutuhkan tidak hanya teknologi yang mumpuni dan sistem operasi yang dimaksimalkan untuk perangkat kecil tapi dengan kemampuan telefoni tetapi juga ekosistem termasuk dukungan aplikasi.

Rencana Samsung ini tentunya menarik dilihat apalagi Google telah merilis Android Wear yang merupakan start awal untuk wearable device generasi selanjutnya.

Belum ada informasi tepat mengenai waktu perilisan perangkat ini, namun Cnet mengkonfirmasi paling cepat antara bulan Juni hingga September 2014. Penasaran ya? Kita tunggu saja perkembangannya.

Gambar header ilustrasi smartwatch dari Samsung. 

Previous Story

Sony: Penjualan Hardware PlayStation 4 Terbukti Menguntungkan

Next Story

Petinggi ZTE: “Indonesia Masih Punya Tiga Tantangan Besar Untuk Wujudkan LTE”

Latest from Blog

Don't Miss

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Galaxy AI berbahasa Indonesia dikembangkan dengan modal data yang berkualitas

Galaxy AI Tersedia di Samsung Galaxy S23 FE

Fitur-fitur “assistant” teranyar kini bisa dinikmati pengguna flagship lama termasuk