1. DScovery

Segmentasi Adalah: Pengertian, Jenis, dan Tujuan

Segmentasi pasar adalah salah satu strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis.

Salah satu elemen penting dalam bisnis yang dapat sangat menguntungkan perusahaan adalah segmentasi pasar. Pada dasarnya, segmentasi pasar adalah suatu strategi untuk mengenali target konsumen lebih dalam sehingga bisnis dapat beroperasi dengan benar.

Apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar, bagaimanapun? Apa maksudnya, dan bagaimana mencapainya? Untuk informasi lebih lanjut, lihat pembahasan berikut tentang pengertian, jenis, dan keuntungannya.

Pengertian Segmentasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Segmentasi pasar didefinisikan sebagai metode pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, dan perilaku mereka agar bisnis dapat lebih memahami kelompok konsumen tersebut.

Bisa dikatakan bahwa bisnis dapat mengidentifikasi target konsumen mana yang paling cocok untuk bisnisnya dengan menggunakan segmentasi pasar. Dengan demikian, bisnis diharapkan dapat mencapai hasil yang optimal dan memiliki tingkat efektifitas pemasaran yang tinggi.

Menurut para ahli pengertian segmentasi pasar memiliki banyak definisi ahli selain definisi umum di atas. Misalkan Kotler dan Amstrong mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah pembagian pasar ke dalam kelompok yang berbeda yang ditargetkan untuk melakukan pemasaran berdasarkan karakteristik, kebutuhan, dan keinginan masing-masing kelompok tersebut.

Namun, menurut Pride dan Ferrel, segmentasi pasar adalah sistem yang membagi pasar menjadi sejumlah pelanggan potensial dan tertarget, terutama untuk jenis pelanggan dengan kebutuhan dan fitur yang sama.

Jenis Segmentasi

Secara umum, ada empat kategori segmentasi pasar: perilaku, demografis, psikografis, dan geografis. Berikut penjelasannya.

Generasi Perilaku

Jenis segmentasi ini biasanya lebih terkait dengan proses pengambilan keputusan konsumen. Ini mengacu pada pengelompokan pelanggan berdasarkan tingkah lakunya terhadap produk bisnis yang ditawarkan, termasuk sikap, pengetahuan, reaksi atau respon, loyalitas, dan penggunaan produk terkait.

Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis adalah jenis segmentasi pasar lainnya dimana pelanggan dikelompokkan berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, status menikah, dan faktor lainnya.

Segmen Psikografi

Selanjutnya, ada segmentasi psikografis, yang lebih cenderung berkaitan dengan aspek psikologis pelanggan. Umumnya, melakukan segmentasi ini cukup sulit karena kamu perlu memahami selera target pelanggan secara menyeluruh.

Untuk mengetahui preferensi konsumen terkait tentang hal-hal seperti hobi, gaya hidup, dan ketertarikan, kamu bisa menggunakan metode seperti pembagian kuesioner.

Segmentasi Geografis

Jenis terakhir segmentasi pasar adalah segmentasi geografis, yang membagi pelanggan berdasarkan lokasi, seperti tempat tinggal mereka. Jenis segmentasi ini tentu lebih penting dari yang lain karena kebutuhan dan manfaat produk dan jasa selalu berbeda-beda tergantung pada lokasi, kondisi, dan cuaca.

Tujuan Segmentasi

Setiap bisnis memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan dan menyediakan layanan. Bisnis menggunakan segmentasi pasar untuk membuat keputusan strategis yang lebih cermat. Lengkapnya, lihat beberapa poin berikut untuk tujuan segmentasi pasar: 

Tujuan pasar lebih jelas

Karena pasar heterogen, segmentasi dilakukan.Untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan perilaku, keinginan, gender, dan lokasi tempat tinggal, segmentasi pasar digunakan. Ini dapat membantu bisnis membuat strategi pemasaran yang tepat untuk setiap kelompok konsumen. 

Memahami persaingan bisnis

Proses segmentasi juga dapat membantu pertumbuhan bisnis karena perusahaan akan belajar lebih banyak tentang target konsumen dan pesaing atau kompetitor mereka.

Selain itu, perusahaan akan dengan mudah mengetahui peluang apa saja yang tersedia, sehingga mereka dapat membuat strategi bisnis yang tepat untuk maju di masa depan.

Membangun barang atau jasa baru 

Selain itu, memahami segmentasi pasar bisnis yang Anda miliki akan membantu Anda mengembangkan produk maupun jasa. Memahami segmentasi pasar juga akan membantu kamu menentukan marketing mix (produk, promosi, harga, lokasi, orang, proses, dan bukti fisik). 

Demikianlah informasi mengenai segmentasi yang dapat kami berikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again