Categories

Gadget

Seri Kartu Grafis Nvidia GeForce GTX 900M Telah Hadir di Notebook Gaming MSI

Yoga Wisesa - 14 October 2014

Sebelum kartu grafis versi mobile dari GeForce GTX 900 diungkap kepada konsumen, kita tahu Nvidia dan para partnernya telah lebih dulu bersiap-siap agar GTX 900M bisa langsung dinikmati. Menyusul informasi di minggu lalu, MSI mengumumkan bahwa seri GPU anyar Nvidia ini resmi menggantikan varian lama dalam produk notebook gaming terbaru mereka.

Upgrade tersebut mereka terapkan ke seri laptop gaming high-end, terutama tipe GT dan GS. Jika sebelumnya kedua tipe ini ditenagai oleh GTX 870M dan GTX 880M, Anda akan menemukan GeForce GTX 970M dan GTX 980M di model serupa. Pada dasarnya, tak ada perubahan apapun pada desain serta penampilan kedua notebook itu. Mereka menyajikan variasi display antara 15,6-inci hingga 17-inci sebagai ukuran paling lebar.

GT dan GS tetap dibekali prosesor Intel Core i7 generasi keempat, serta menghadirkan fitur-fitur familiar: keyboard nyaman dan kemampuan macro besutan Steelseries, teknologi penyimpanan Super RAID 3 eksklusif dari MSI, sistem suara persembahan Dynaudio, bundel Xsplit Gamecaster, serta tak lupa teknologi Killer Doubleshot Pro.

Artinya, MSI hanya menggunakan seri GeForce GTX 800M selama kurang lebih tujuh bulan semenjak diperkenalkan pertama kali Maret lalu. Kemudian mengapa buru-buru beralih ke GTX 900M? Selain demi menyesuaikan produk mereka dengan teknologi terkini, MSI berpendapat GTX 900M akan menyuguhkan performa gaming ekstrim untuk para antusias.

 

Info menarik: Telah Mendarat di Asia Tenggara, Seperti Inilah Notebook Monster Baru Andalan MSI, GT72

 

Dari hasil skor software benchmark 3DMark 11, GTX 900M memperoleh skor 10.000. Belum lagi peningkatan framerate besar-besaran saat menjalankan permainan-permainan terberat (tingkat optimalisasinya di PC kurang baik) saat ini seperti Watch Dogs dan Assassin’s Creed IV: Black Flag, masing-masing mendapatkan 90 dan 60 frame rate per detik.

Bersamaan dengan itu, MSI juga menginformasikan bahwa GT72 yang baru-baru ini mendarat di Malaysia resmi menggantikan GT70 sebagai model high-end. Jika dibandingkan dengan model GT70 ber-chip GTX 800M, GTX 980M di GT72 teranyar memiliki performa 30 persen lebih tinggi, untuk ‘menyajikan pengalaman gaming paling superior’.

MSI tak lupa memperbarui tipe GS – bisa dibilang sebagai ultrabook khusus gaming pertama yang memacu para kompetitor mengenalkan produk sejenis. Juga dipersenjatai GeForce GTX 900M, rancangannya sangat tipis, hanya 19,9 milimeter dan berat 1,9 kilogram. Dibanding tipe lain, GS adalah satu-satunya notebook yang mampu berpegang teguh pada konsep mobile PC gaming.

Saya pribadi tak sabar untuk mencoba teknologi BatteryBoost di sana. Ia diklaim mampu menawarkan performa gaming maksimal selama dua jam dalam sekali charge. Pendahulunya hanya dapat bertahan sejam, dengan frame rate pas-pasan.

Gambar: MSI.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter