14 April 2015

by Bambang Winarso

Skor GFXBench Ungkap Spesifikasi Jagoan Baru Xiaomi, Mi 4i

Xiaomi pantas disebut sebagai vendor paling sukses dalam beberapa tahun ini. Kedigdayaan vendor asal Tiongkok itu terbilang fenomenal, dalam waktu relatif singkat dan wilayah garapan yang dapat dihitung dengan jari, mereka mampu merangsek menjadi vendor ternama, bersaing dengan nama-nama besar seperti Samsung dan Apple.

Spekulasi soal adanya rencana melanjutkan kiprah ke pasar global kembali muncul ketika pada akhir pekan lalu tersebar undangan event Global Smartphone yang akan digelar di New Delhi, India pada tanggal 23 April 2015 mendatang.

Sejumlah pihak percaya Xiaomi sudah mempersiapkan sebuah perangkat unggulan untuk menjadi versi internasional mereka. Kabar yang berkembang menyebut perangkat yang dimaksud adalah Mi 4i yang kemudian spesifikasinya terungkap di situs GFXBench.

Dalam tes tersebut terkuak Xiaomi Mi 4i akan mengusung layar sentuh 4.9 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel, dengan performa yang didukung oleh CPU octa-core dalam paket chipset Snapdragon 615 serta pengolah grafis Adreno 405, clockspeed yang dihasilkan melalui tes terlihat adalah 1.6GHz.

Info Menarik:Canon Luncurkan XC10, Camcorder Berukuran Ringkas dengan Kemampuan Merekam Video 4K

Selain itu Xiaomi Mi 4i dilengkapi dengan RAM 2GB, memori internal 16GB, kamera utama 13MP, kamera depan 5MP, Dual SIM, koneksi 4G LTE, serta OS Android 5.0.2 Lollipop yang dipoles dengan MUIU 6. Singkat kata, spesifikasi yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 4i ini sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Xiaomi Mi 4. Soal harga, Xiaomi Mi 4i diperkirakan akan dibanderol seharga US$192-208.

Belum ada konfirmasi resmi apakah Mi 4i ini benar-benar akan menjadi sajian utama di event Xiaomi di India. Tetapi apabila mempertimbangkan pemilihan lokasi dan berkaca kembali pada pernyataan salah satu pentolannya, Hugo Barra beberapa waktu yang lalu sangat mungkin perangkat ini belum akan merambah pasar-pasar Eropa ataupun Amerika Serikat.

Kabar baiknya, sangat mungkin Xiaomi akan meluncurkan perangkat ini ke pasar tanah air dalam waktu yang tidak terlalu lama dari hari peluncuran.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header ilustrasi Mi 4.