Categories

Berita

Skye Bekerjasama Dengan Rumah Zakat Luncurkan Jamal, Aplikasi Untuk Donasi

Avi Tejo Bhaskoro - 9 October 2013

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, melakukan kegiatan apa pun kini dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat-perangkat digital yang kehadirannya mampu menjawab segala kebutuhan bagi seluruh pengguna, termasuk melakukan kegiatan donasi. Seperti halnya dengan aplikasi satu ini, Jamal. Aplikasi yang dibentuk hasil kerjasama antara PT. Skye Sab Indonesia dengan lembaga non-profit Rumah Zakat ini menghadirkan layanan transaksi donasi (sumbangan) langsung dari perangkat smartphone masing-masing.

Jamal, singkatan dari “BelanJA dan BeraMal”, adalah aplikasi yang khusus dikembangkan untuk mengumpulkan zakat, infaq, shodaqoh, dan dana kemanusiaan lainnya secara langsung melalui perangkat smartphone. Tentu dengan hadirnya aplikasi ini donatur dapat dengan mudah untuk memberikan kegiatan donasi bagi yang membutuhkan.

Dikembangkan oleh salah satu penggiat layanan e-money di Indonesia, aplikasi Jamal secara prinsip memiliki program “Loyalty Reward” dimana dalam program ini setiap pengguna yang melakukan transaksi akan langsung memperoleh poin reward kepada pengguna dan uplink-nya. Poin ini diklaim berasal dari sebagian margin keuntungan yang diperoleh dari tiap merchant yang ada di aplikasi Jamal. Dengan kata lain, pengguna yang mengunduh aplikasi Jamal melalui tautan ini, lembaga Rumah Zakat akan menjadi uplink dari pengguna dan secara otomatis akan menerima donasi dari poin reward yang diperoleh dari setiap transaksi pengguna dalam aplikasi Jamal. Poin reward  ini tentunya dapat diuangkan dan menjadi salah satu bentuk donasi yang dapat disalurkan pada Rumah Zakat.

Adriaan S. Djojorahardjo selaku CEO PT. Skye Sab Indonesia dalam keterangan tertulis resminya menyatakan, “Prinsip bisnis kami adalah kemudahan untuk pengguna melakukan transaksi micro payment dan mendapatkan loyalty reward dengan menggunakan smartphone. Selain itu aplikasi kami dapat dimodifikasi sebagai fundraising channel bagi Rumah Zakat”, ujarnya. Menanggapi hal tersebut, Nur Effendi yang merupakan CEO dari Rumah Zakat bertanggapan, “Jamal  adalah bentuk komitmen kami untuk terus memberikan kemudahan bagi semua orang yang ingin berbagi. Aplikasi ini membuat semua orang bisa berbagi kapan saja dan dimana saja melalui smartphone-nya,” kata Nur yang dimuat dalam rilisan resmi.

Untuk melengkapi layanannya, pengumpulan donasi selain berasal dari perolehan poin reward juga dapat dikumpulkan langsung dari menu khusus zakat dan program-program Rumah Zakat lainnya yang ditampilkan dalam aplikasi Jamal tersebut. Pengguna dapat langsung melakukan penyaluran donasi seperti infaq/shadaqah, zakat harta, profesi, harta usaha, dan lain sebagainya yang kesemuanya dilengkapi dengan kalkulator zakat sebagai fasilitas perhitungan zakat.

Selain mengakomodir transaksi donasi, seperti yang sudah dijelaskan di atas pada sistem poin reward, dalam aplikasi yang didirikan oleh perusahaan penyelenggara uang elektronik yang berdiri pada 2008 silam ini juga menghadirkan berbagai layanan transaksi umum seperti pembelian pulsa, token listrik, game voucher, tv prabayar, pembayaran tagihan telpon, listrik, dan berbagai transaksi umum lainnya yang diakomodir dalam satu aplikasi.

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan donasi langsung dari perangkat smartphone, Anda kini dapat mengunduh aplikasi Jamal langsung dari laman ini. Dapat juga langsung diakses di browser perangkat BlackBerry (khusus OS 5, 6, dan 7) dan juga tersedia bagi perangkat berbasis Android dengan minimum OS 2.3.6 ke atas. Bagi pengguna perangkat iOS, sampai saat ini belum ada keterangan lebih lanjut terkait kehadiran aplikasi Jamal ini di perangkat Apple tersebut. Kita nantikan saja perkembangan selanjutnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter