Categories

Berita

Platform Analitik Lokal Sonar Platform Diakuisisi Dataxet

Founder & CEO Amien Krisna bergabung jadi dewan eksekutif Dataxet

Randi Eka - 2 July 2020

Perusahaan intelijen data asal Singapura, Dataxet, telah resmi mengakuisisi Sonar Platform, perusahaan lokal yang fokus kembangkan produk analisis pasar online. Tidak disebutkan nilai akuisisi yang disepakati; diinfokan para investor Sonar termasuk MDI Ventures, Gunung Sewu, dan beberapa angel investoor sepenuhnya “exit”.

Disampaikan tujuan utama investasi ini untuk memperluas pangsa pasar Dataxet di kawasan Asia. Produk-produk unik yang dimiliki Sonar juga dinilai dapat memperkuat solusi yang ditawarkan perusahaan. Selanjutnya, Founder & CEO Sonar Platform Amien Krisna akan menjadi bagian dari dewan eksekutif Dataxet.

Seperti diketahui, Sonar Platform melalui dua produk utamanya Sonar Analytics dan Sonar Influence mencoba mengakomodasi kebutuhan perusahaan untuk analisis pasar, media sosial, riset kompetisi, sentimen merek, hingga analisis lokapasar. Beberapa klien mereka termasuk Microsoft, Grab, Huawei, dan beberapa perusahaan lainnya.

“Akuisisi strategis terhadap Sonar Platform menandai kemajuan Dataxet dalam membangun jaringan intelijen data terintegrasi di Asia setelah peluncuran Truescope Singapore,” sambut Co-Founder & CEO Dataxet David Liu. Sebelumnya Dataxet menyepakati joint venture dengan Truscope untuk mendirikan unit bisnis baru di Singapura.

Selain Sonar, Dataxet juga telah menyepakati akuisisi perusahaan analitik media asal Malaysia bernama News and Ads Monitoring (NAMA).

Sonar Platform telah didirikan sejak tahun 2015, mereka mendapatkan pendanaan awal di tahun 2016 dari investor yang disebutkan di atas setelah bergabung di program Indigo milik Telkom. Sejak saat itu perusahaan cukup ambisius melakukan pengembangan produk dan ekspansi layanan. Sejak tahun 2017 mereka juga gencarkan ekspansi ke beberapa negara di Asia Pasifik, termasuk Filipina, Singapura, Malaysia, dan Australia.

Kala itu Krisna menjelaskan, “Bagian yang paling menarik dari Sonar adalah kemampuannya untuk menjelaskan apa yang sedang hangat atau viral dalam sebuah industri. Para pemasar bisa memanfaatkan informasi ini untuk menggapai perhatian pasar yang lebih luas dalam dunia digital.”

Bagi MDI Ventures, akuisisi ini menjadi exit yang ke-8. Menurut data Startup Report 2019, tahun lalu mereka telah berhasil melakukan 5 exit melalui 3 akuisisi dan 2 IPO dari portofolionya. Aksi korporasi Sonar juga sekaligus menambah daftar akuisisi startup Indonesia, tercatat dari awal tahun 2020 ada setidaknya 5 proses akuisisi yang diketahui publik.

PerusahaanDiakuisisi Oleh
AnterinMNC Group
CarvaganzaOTO.com
Alamat.comWahyoo
MokaGojek
Lamudi IndonesiaEMPG

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter