25 February 2014

by Yoga Wisesa

Sony: Penjualan PlayStation 4 Masih Belum Sebaik PlayStation 2

Sony PlayStation 4 tercatat sebagai console Sony dengan penjualan tercepat. Kurang dari enam bulan, home console anyar ini telah terjual lebih dari lima juta unit di seluruh dunia. Perangkat ini juga baru dirilis secara perdana di negara asalnya tanggal 22 Februari kemarin. Menariknya, Sony mengakui bahwa penjualan PlayStation 4 masih jauh dari rekor PlayStation 2.

Berbicara pada Inside Games, sang presiden Sony Computer Entertainment wilayah Jepang dan Asia, Hiroshi Kawano, membeberkan secara blak-blakan, "Seperti yang kita tahu, sayangnya penjualan PlayStation 3 masih jauh di bawah PlayStation 2. Untuk home console generasi baru ini, mengejar angka itu sangat sulit, namun saya tidak mau bilang bahwa hal tersebut tidak mungkin."

 

Info menarik: Resmi Diumumkan, Ini Dia Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S5

 

Ia meneruskan, "Namun saya yakin, sangat mungkin meningkatkan kepopularitasan PlayStation 4 dengan memberikan konsumen pengalaman gaming yang kaya dan memanfaatkan layanan jaringan serta performa hardware yang dimiliki home console kami."

Walaupun terjual dengan angka yang sangat tinggi, staff public relation Sony tidak berhenti bekerja keras untuk mengenalkan fitur-fitur unik yang dimiliki PS4 seperti remote play - karena menurut mereka masih banyak orang yang tidak tahu adanya kemampuan ini.

Apapun yang Anda pikirkan, mengalahkan rekor PlayStation 2 bukanlah merupakan hal yang mudah: pertama kali diluncurkan 4 Maret empat belas tahun silam, PS 2 telah terjual sebanyak 155 juta unit dalam masa produksi. Terdapat lebih dari 3,870 judul game yang dirilis dalam platform game lawas ini dan lebih dari 1,5 miliar kopi yang telah terjual.

Angka lima juta unit yang dimiliki PlayStation 4 belum ada apa-apanya dibandingkan rekor ini. Sejauh yang tercatat di sejarah, PlayStation adalah console game terlaris yang pernah dibuat.

 

Info menarik: Nokia Umumkan ‘Keluarga Nokia X’ di MWC 2014: Nokia X, X+ dan XL

 

Tapi dari segi bisnis, penjualan PlayStation 4 sendiri tergolong sangat sehat. Tentu saja berangan-angan untuk mengalahkan rekor mereka sebelumnya adalah hal yang wajar. Penghalang terbesar mereka dalam meraih mimpi telah Sony perkirakan sebelumnya: mereka sadar bahwa lifecycle PlayStation 4 mungkin tidak selama PlayStation 3 - sekitar tujuh delapan tahun - sebelum akhirnya Sony menggantinya dengan platform baru lagi. Apalagi perkembangan hardware dan teknologi saat ini berada dalam momentum tercepat.

Kawano berjanji, "Saat kita membahas apakah PS4 mampu menyusul angka penjualan PlayStation 2, kami sadar kami harus bekerja lebih keras."

Untuk mendapatkan gambaran tingginya cita-cita Sony ini, silakan kunjungi Wikipedia. Di sana Anda bisa melihat daftar penjualan home console dari berbagai generasi. Yang mengejutkan, penjualan Xbox 360 ternyata lebih tinggi dari PlayStation 3, dengan 82,9 juta melawan 80 juta unit. Di tempat kelima ada Wii, di posisi keempat Sony PlayStation pertama, di urutan ketiga ialah Nintendo Game Boy, dan runner-up dipegang oleh Nintendo DualScreen.

Mungkinkah PlayStation 4 perlahan-lahan naik dalam tangga tersebut dan mengalahkan sang pendahulu?

Via DualShocker. Gambar header: EGMNow.com.