Categories

Interview

SopSip Tawarkan Forum Berbagi Informasi Deals Antar Konsumen

Sesama pengguna bisa berbagi informasi dan berinteraksi langsung

Yenny Yusra - 10 September 2015

Satu lagi layanan deals hadir di kancah startup Indonesia. Bedanya informasi diberikan oleh konsumen untuk konsumen dalam sebuah forum komunitas. Namanya layanannya adalah SopSip dan untuk meningkatkan akurasi informasi yang diberikan, diberlakukan sistem kurasi.

SopSip berawal dari hobi salah satu co-founder-nya, yang kebetulan menetap di Australia, yang gemar mencari penawaran hingga promo terbaru. Situs yang kerap dikunjungi adalah OzBargain yang merupakan situs yang berisikan penawaran dan promo terkini populer dan favorit di Australia.

Meskipun di Indonesia saat ini sudah banyak situs yang memberikan penawaran seputar promo dan diskon terbaru setiap harinya, namun bagi Co-Founder Ronald Rosanto dan Junior Theodoric, belum ada situs yang secara lengkap menawarkan ajang berbagi dan bertukar informasi dari sesama pengguna mengenai penawaran dan diskon terbaru. Dengan alasan itulah akhirnya Ronald dan Junior memutuskan untuk mulai mengembangkan situs user-generated content yang berisi informasi tentang deals terbaru setiap harinya di Jakarta.

Sejak awal dibuat, SopSip bukanlah layanan berbasis profit-oriented, melainkan lebih menjadi platform yang bisa digunakan oleh pengguna untuk sekedar berbagi informasi tentang penawaran dan diskon yang ada. Meskipun demikian, menurut Ronald, hingga kini masih banyak feedback yang datang dari pengguna menanyakan bagaimana caranya mendapatkan voucher atau promosi lainnya di situs SopSip. Hal ini yang diharapkan membedakan SopSip dengan deals aggregator lainnya.

“Pada dasarnya SopSip tidak menjual voucher or anything tapi murni website untuk bagi-bagi informasi tentang promo, deals, discount. Kita berharap dengan begini, informasi yang kita dapatkan jadi lebih netral dan tidak membuat deals menjadi bias,” kata Ronald.

Kurasi konten dan sistem komentar

Fitur yang ditawarkan oleh SopSip hingga saat ini masih fokus kepada konten dan sistem kurasi, sementara fitur tambahan lain yang tersedia  diantaranya adalah categories, search, dan point system.

Proses kurasi ini juga membantu untuk meminimalisir postingan dari pengguna yang bersifat spam dan promo yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Intinya adalah untuk kualitas informasi, pihak admin juga turut bertanggung jawab melakukan penyaringan atau proses filtering.

Lantas jenis penawaran apa saja yang bisa ditampilkan di SopSip? Varian deals yang bisa ditemui di SopSip di antaranya adalah penawaran diskon smartphone terbaru, potongan harga di restoran, promosi acara di universitas, promosi dari UKM, dan masih banyak lagi. SopSip tidak membatasi jenis penawaran dan promosi seperti apa yang bisa ditampilkan. Jika bisa dibuktikan kebenarannya dan sifatnya fresh semua pengguna bisa menampilkan berbagai informasi secara gratis di SopSip.

“Jadi sistemnya semua bisa post apa aja, tapi tidak semua bisa masuk ke Top Deals. Kita punya curating system buat menyaring deals itu supaya bisa masuk ke Top Deals yang diawasi langsung oleh admin,” kata Ronald.

Menurut Ronald, karena sifatnya adalah berbagi, artinya semua pengguna yang ingin berbagi informasi bisa menggunggah informasi promo terkini di situs SopSip. Nantinya pengguna SopSip lainnya bisa saling menambahkan komentar dan bertanya langsung seputar promo yang sedang berlangsung kepada pengguna yang mengunggah promo. Interaksi langsung antara pengguna juga bisa digunakan di SopSip, komen sistem menjadi ajang bertukar informasi, perbandingan harga hingga pengalaman antara pengguna yang satu dan lainnya.

Dengan memanfaatkan user generated content, SopSip berupaya menghadirkan situs penawaran dan promo yang berbeda dibandingkan situs deals lainnya.

We believe that the most genuine source of information will be the customers themselves,” tutup Ronald.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter