1. Startup

Startup Finalis Zenith Accelerator Realisasikan Sinergi dengan Mandiri Group

Keenam finalis startup yang mengikuti Zenith Graduation Day adalah AI Rudder, Fishlog, Imajin, Lifepack, Praktis, dan Rekosistem

Setelah melalui program intensif selama 4 bulan, Zenith Accelerator batch pertama bentukan Mandiri Capital Indonesia (MCI) mencapai puncak acaranya. Keenam startup finalis Zenith Accelerator diketahui telah mengembangkan sinergi strategis dengan Bank Mandiri.

Zenith Accelerator memiliki tujuan akhir untuk menghasilkan sinergi dan dukungan inisiatif strategis antara startup peserta dengan Mandiri Group. Demikian juga dukungan investasi dari MCI. 

Peserta finalis Zenith Accelerator dibina secara intensif sejak Oktober 2023 setelah mengikuti pembinaan intensif mulai dari sesi mentoring, kreasi sinergi, hingga akselerasi. Keenam finalis startup yang mengikuti Zenith Graduation Day antara lain AI Rudder, Fishlog, Imajin, Lifepack, Praktis, dan Rekosistem.

  1. AI Rudder; pengembang robot berbasis AI untuk mengotomatisasi layanan pelanggan.
  2. Fishlog; pengembang solusi aquaculture untuk industri rantai dingin perikanan.
  3. Imajin; manufacturing hub bagi produsen lokal.
  4. Lifepack; penyedia produk farmasi dan layanan berobat berbasis digital.
  5. Praktis; penyedia solusi rantai pasokan berbasis data untuk brand D2C.
  6. Rekosistem; penyedia solusi pengelolaan sampah dengan teknologi dan metode ramah lingkungan.
“Kami berkomitmen untuk mengakselerasi inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan di seluruh ekosistem Mandiri Group. Keberhasilan integrasi keenam startup finalis dengan unit bisnis kami tidak hanya merupakan langkah maju dalam kerja sama strategis, tetapi juga membuktikan adanya peningkatan signifikan dalam efisiensi operasional dan penciptaan nilai tambah bagi Mandiri Group,” kata CEO Mandiri Capital Indonesia Ronald Simorangkir.

Setiap finalis terungkap telah mengembangkan solusi yang diintegrasikan ke ekosistem Mandiri Group. Pertama, AI Rudder mengintegrasikan teknologi voice assistant untuk mempermudah proses penagihan kredit dan meningkatkan efisiensi kerja agen penagih di Bank Mandiri.

Kedua, Fishlog dan Bank Mandiri menghadirkan skema loan referral yang memungkinkan fasilitas kredit ke mitra di industri perikanan. Ketiga, Imajin dan Bank Mandiri memfasilitasi loan referral yang memungkinkan pinjaman kredit ke mitra manufaktur Imajin serta kredit investasi untuk pembelian mesin.

Keempat, Lifepack mengintegrasi produk KUM Talangan yang memfasilitasi apotek rekanan LifePack untuk memperoleh fasilitas kredit dalam pembelian obat-obatan melalui platform Tetama milik LifePack. Saat ini, terdapat 31 ribu farmasi yang menjadi potensi pendanaan produk KUM Talangan Bank Mandiri.

Kelima, Praktis dan Bank Mandiri menghadirkan skema invoice financing yang mendukung lebih dari 300 brand rekanan Praktis untuk mendapatkan fasilitas kredit. Terakhir, MCI dan Menara Mandiri bersinergi dengan Rekosistem untuk membangun fasilitas daur ulang sampah (waste station) untuk mendukung Bank Mandiri mencapai target Net Zero Emission (NZE) secara operasional.

More Coverage:

Adapun, puncak acara Graduation Day turut dihadiri sejumlah pemangku kepentingan, yaitu unit bisnis Mandiri Group, portofolio MCI, BUMN, dan instansi swasta.

“Program-program ini tidak hanya menyiapkan startup untuk menembus pasar global, melainkan juga telah menghasilkan sejumlah business deal yang signifikan. Kerja sama ini menandai komitmen penuh MCI untuk membangun ekosistem startup yang kondusif, mendorong inovasi dan memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan.” Tutup Chief Investment Officer MCI Dennis Pratistha.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again