1. Lifestyle

SteamOS Dirilis Besok, Beserta Steam Machines Dan Controller Untuk Beta Tester

Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk 'memerangi' dominasi platform tertutup dengan bergabung bersama Valve, maka berita ini merupakan kabar yang mungkin paling ditunggu-tunggu: Untuk 300 orang beta tester beruntung yang telah terpilih, mereka akan mendapakan prototype Steam Machines hari Jumat besok. Jika Anda bukan termasuk di antara mereka, tidak usah khawatir, SteamOS akan tersedia di hari yang sama.

Valve memberikan sebuah penjelasan, "SteamOS akan tersedia saat hardware prototype [Steam Machines] didistribusikan. Ia bisa diunduh baik oleh para pengguna individu maupun original equipment manufacturer untuk proyek komersil." Tetapi Valve juga tidak lupa memberikan peringatan bahwa jika Anda bukan pengguna ahli (atau para hacker) Linux, sebaiknya Anda tunggu hingga versi 'stabil'-nya dirilis di tahun 2014.

Dan itu berarti SteamOS yang akan dirilis besok membutuhkan proses kompilasi dan build manual agar bisa Anda instal di komputer ataupun partisi PC yang diinginkan. Sedikit berita buruk untuk Anda yang berharap menjadi satu dari 300 beta tester itu, Valve sepertinya membatasi distribusi unit purwarupa untuk wilayah Amerika Serikat saja karena alasan 'rintangan birokrasi'.

Dengan adanya kendala tersebut, Valve harus memilih antara membatasi wilayah uji coba di wilayah Amerika Serikat saja atau menunda proses beta seluruhnya yang akan mempengaruhi tanggal rilis produk tersebut di tahun 2014. Jadi penyempitan wilayah beta testing ini pada dasarnya bukanlah berita buruk karena Steam Machines tetap akan diluncurkan pada waktu yang sudah direncanakan Valve sebelumnya.

Kemudian bagaimana dengan Steam Controller sendiri, apakah ia juga akan tersedia Jumat besok? Untuk sementara waktu, periferal eksklusif buatan Valve ini tidak tersedia secara komersil untuk publik. Jadi bagi Anda yang berharap untuk segera 'merancang' Steam Machines sendiri dengan dirilisnya sistem operasi khusus game ini dan menambatkan Steam Controller di perangkat tersebut, tampaknya Anda harus menunggu sedikit lebih lama.

Satu hal lagi yang menambah kita iri pada para beta tester adalah mereka juga akan mendapatkan badge spesial di akun Steam yang bisa mereka bangga-banggakan pada kawan-kawan dan anak cucu. Tapi tentu saja menjadi beta tester tidak sepenuhnya hanya untuk bersenang-senang, mereka akan menghadapi banyak masalah dan bug demi memastikan kita dapat menikmati Steam Machines dan SteamOS dengan mulus.

Kita akan mengetahui lebih banyak rahasia trinitas solusi PC gaming ruang keluarga garapan Valve ini (SteamOS, Steam Machines dan Steam Controller) di Consumer Electronics Show tanggal 6 Januari besok.

Artikel diolah dari PC Gamer dan Ars Technica. Gambar header: Valve Time.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again