1. DScovery

5 Struktur Artikel yang Penulis Perlu Ketahui Sebelum Membuat Artikel

Semua orang bisa menulis apalagi menulis artikel tapi tidak semuanya mengetahui struktur artikel yang baik dan benar untuk artikel yang lebih profesional.

Artikel adalah sesuatu yang dapat dibaca di media dengan membahas topik tertentu. Biasanya topik-topik tersebut merupakan diskusi yang sedang hangat diperbincangkan di media sosial, misalnya hiburan, bisnis, prediksi, dan tren.

Sayangnya, meskipun banyak artikel di media, banyak orang yang tidak memahami struktur artikel yang baik dan benar. Sehingga tidak jarang ditemukan banyak artikel dengan struktur yang tidak jelas yang terlihat berputar-putar.

Oleh karena itu, bagi sebagian orang sangat penting untuk memahami struktur artikel yang baik dan benar. Tidak hanya artikel yang tertata dengan baik, artikel yang didasarkan pada struktur yang tepat memudahkan pembaca untuk menemukan atau mendapatkan informasi yang mereka cari.

Artikel memiliki urutan struktur artikel yang benar dari judul hingga sampul. Jadi simak pembahasan di bawah ini untuk lebih jelasnya:

1. Judul Artikel

Struktur penulisan artikel yang pertama adalah judul. Bagian judul merupakan salah satu hal yang sangat penting, tidak boleh sembarangan dan harus menggambarkan isi artikel yang akan dibuat secara umum. Semisal judul yang dibuat untuk tujuan SEO harus mengandung kata kunci yang ditargetkan.

Umumnya orang tertarik membaca artikel yang diawali dengan judul yang menarik. Untuk melakukan ini, buat judul menarik yang menyertakan ajakan bertindak, dan hindari judul klise yang mengecewakan pembaca.

2. Pembukaan Artikel

Struktur artikel lainnya adalah bagian pembuka. Bagian pengantar ini berfungsi sebagai diskusi dasar sebelum beralih ke struktur lain. Biasanya paragraf pembuka ada di paragraf pertama artikel. Bagian ini berisi deskripsi naratif, peristiwa, pernyataan, kutipan, dan lainnya.

Ada dua teknik yang bisa digunakan untuk menulis artikel yang baik, yaitu deduktif dan induktif.

3. Leher Artikel

Struktur nomor 3 adalah leher atau bisa juga disebut bridge atau jembatan. Bagian ini memiliki tugas penting menghubungkan pembukaan pertama dengan isi artikel.

Jika kamu tidak melakukan bagian leher dengan baik, pembaca akan segera pergi dan berhenti membaca, sehingga bounce rate. Posisi leher segera setelah pembukaan artikel.

4. Isi Artikel

Struktur artikel keempat ini adalah yang paling penting. Bagian isi atau badan artikel ini memuat pembahasan artikel. Pembahasan juga lebih detail dan lengkap sesuai dengan kebutuhan pembaca dan tidak boleh menyimpang dari topik utama.

More Coverage:

Saat menggunakan website, kamu bisa menentukan kualitas artikel dari berapa lama pengunjung website membacanya, lebih lama berarti artikel kamu berkualitas tinggi, sehingga efek ranking website di hasil pencarian Google bisa meningkat.

5. Penutup

Sekarang struktur terakhir adalah penutupan. Bagian ini berisi kesimpulan dari pembahasan utama artikel dan ringkasan lengkap artikel. Bagian terakhir ini biasanya berada di akhir paragraf artikel.

Kamu dapat menggunakan struktur artikel di atas untuk kebutuhan artikel apa pun, termasuk untuk keperluan blogging. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again