1. DScovery

Surat Keterangan Kerja: Pengertian, Struktur, Fungsi, Hingga Contohnya

Surat keterangan kerja merupakan salah satu contoh kelengkapan administrasi yang selalu dicari dalam berbagai kesempatan.

Surat keterangan kerja adalah contoh kesempurnaan administrasi yang selalu dicari dalam berbagai situasi, mulai dari pengajuan pinjaman hingga visa.

Surat keterangan kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan menunjukkan status pekerja terhadap pihak ketiga. Sebagai aturan, pihak ketiga memerlukan surat ini untuk menjamin kemampuan keuangan karyawan.

Selain itu, surat keterangan kerja dapat menjadi acuan ketika karyawan ingin mencari pekerjaan. Untuk tujuan ini, calon pemberi kerja dapat melihat riwayat pekerjaan pelamar di pekerjaan sebelumnya untuk memastikan identitas dan pengalaman kerja mereka.

Artikel ini membahas lebih detail tentang penggunaan dan surat keterangan kerja.

Apa Itu Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja adalah surat yang dikeluarkan oleh bagian sumber daya manusia atau HRD suatu perusahaan atau instansi. Surat ini berisi deskripsi pekerjaan dari karyawan yang dilamar.

Namun, memberikan surat tergantung pada persyaratan persiapannya. Dengan surat ini kamu dapat melamar ke perusahaan lain. Ini bisa menjadi dokumen yang memperkuat perekrut untuk menerima kamu pada posisi yang kamu inginkan. Selain itu, perekrut juga akan melihat riwayat pekerjaan dan prestasi mu di perusahaan atau kantor tempat kamu sebelumnya bekerja.

Struktur Surat Keterangan Kerja

• Kop atau kepala surat yang berisikan nama perusahaan, alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi

• Perihal surat

• Nomor surat

• Isi surat yang terdiri dari:

Identitas pembuat surat keterangan kerja yang meliputi nama, jabatan, nomor identitas

Identitas karyawan yang menerima surat keterangan kerja, meliputi nama, jabatan, nomor identitas, lama kerja , status kepegawaian

Penilaian dari pembuat surat keterangan sesuai dengan kebutuhan karyawan

• Penutup surat yang terdiri dari:

Keterangan pengesahan surat, tempat dan tanggal pembuatan surat, tanda tangan pembuat surat

Fungsi Surat Keterangan Kerja

Berikut beberapa fungsi surat keterangan kerja diantaranya:

• Surat keterangan kerja untuk mengajukan lamaran

Salah satu fungsi surat keterangan kerja yang paling umum adalah pernyataan bahwa karyawan yang bersangkutan telah menyelesaikan masa kerjanya dengan benar. Surat ini juga bisa disebut surat referensi, yang memungkinkan karyawan untuk mencari pekerjaan baru.

• Surat keterangan kerja untuk pembuatan paspor

Saat mengeluarkan paspor, biasanya petugas ingin memverifikasi identitas kita selengkap mungkin, termasuk status pekerjaan kita. Oleh karena itu, kamu biasanya dimintai bukti pekerjaan, seperti fotokopi KTP karyawan, atau melampirkan bukti surat keterangan kerja.

• Surat keterangan kerja untuk mengajukan KPR

Untuk mengajukan hipotek, pemberi pinjaman, atau dalam hal ini bank, biasanya perlu memverifikasi status keuangan kita, sehingga diperlukan gaji bersama dengan surat keterangan kerja untuk mengonfirmasi pekerjaan.

• Surat keterangan kerja untuk pembukaan rekening

Saat membuka rekening, bank ingin memastikan sumber dana yang masuk itu sah, jadi bukti pekerjaan dan gaji sangat penting saat membuka rekening baru.

• Surat keterangan kerja pembuatan NPWP

Membayar pajak merupakan kewajiban bagi warga negara yang penghasilannya melebihi PTKP. Untuk melakukan NPWP, kamu memerlukan surat keterangan kerja untuk mengetahui sumber penghasilan dan memverifikasi penghasilan yang diperoleh.

• Surat keterangan kerja untuk visa

Beberapa negara mewajibkan imigran memiliki surat keterangan kerja, misalnya Korea Selatan. Surat tersebut berlaku sebagai bukti hubungan kerja ini. Selain itu, negara tujuan pasti ingin memastikan bahwa kita memiliki dana yang cukup untuk tinggal dan pulang sesuai izin tinggal.

• Surat keterangan kerja untuk studi lebih lanjut

Salah satu persyaratan untuk melanjutkan studi adalah surat keterangan kerja, dimana bagi yang belum bekerja dapat meminta surat keterangan dari pembimbing akademik, jika sudah bekerja maka surat keterangan dapat diterbitkan dalam bentuk surat keterangan kerja.

• Surat keterangan kerja untuk tugas kuliah

Berbeda dengan surat keterangan kerja untuk studi pascasarjana, surat keterangan ini digunakan untuk pegawai yang juga mahasiswa. Perusahaan meminta izin agar karyawan yang bersangkutan tidak dapat mengikuti perkuliahan karena alasan profesional.

• Surat keterangan kerja untuk aplikasi BPJS

Untuk pembayaran dana BPJS Ketenagakerjaan, salah satu syarat administrasi yang dilampirkan adalah surat keterangan kerja atau surat penerimaan.

Contoh Surat Keterangan Kerja

Sumber: Scribd
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again